Beranda Gaya Hidup Awas Jangan Keliru, Simpan 5 Benda Ini di Rak Dapur

Awas Jangan Keliru, Simpan 5 Benda Ini di Rak Dapur

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Menjelang Idul Fitri, kita disibukan dengan membersihkan rumah dan menata ulang perabotan yang ada di rumah. Sebagian ada yang tetap digunakan kembali, namun ada juga yang diganti dengan yang baru.

Tak ketinggalan, dapur menjadi salah satu area yang akan di tata ulang, karena saat memasak untuk hari raya nanti, kondisi dapur harus tertata dengan rapi.

Tapi jangan sampai keliru, ada beberapa benda yang tidak boleh di simpan di rak dapur lho.

1. Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik dapur seperti mixer, blender, dan pemanggang roti biasanya diletakan di rak dapur agar mudah dijangkau. Namun biasanya barang-barang ini hanya dibeli sesuai keinginan bukan kebutuhan. Sehingga menumpuk di lemari dapur.

Jadi, saatnya meninjau dan mempertimbangkan kembali peralatan elektronik yang betul-betul dibutuhkan. Pisahkan benda-benda yang benar-benar digunakan dan tidak. Apabila tidak menggunakan peralatan tersebut secara rutin, sebaiknya menyimpannya di tempat lain.

2. Wadah Makan dari Plastik

Barang satu ini menjadi barang yang selalu disimpan dirak atau lemari dapur. Namun karena terbiasa menyimpannya, sehingga tempat makan dari plastik ini menumpuk dan membuat berantakan rak dapur.

Mulailah merapikan wadah tersebut dan memilah kembali. Karena tidak semua tempat makan dari plastik itu food grade. Pastikan tempat makan yang sudah dipilih disimpan ditempat terpisah.

3. Barang Pecah Belah

Selanjutnya, ada barang pecah belah. Biasanya barang tersebut ialan toples kue, gelas wine, dan piring diletakan dirak dapur. Namun jika tidak sering menerima tamu, sebaiknya simpan barang pecah belah tersebut di gudang. Agar tidak memakan tempat di rak dapur. Simpanlah barang pecah belan di rak dapur sesuai kebutuhan yang sering digunakan.

4. Makanan yang Sudah Dibuka

Rak dapur yang penuh dengan makanan pastinya sangat menyenangkan. Namun jangan sampai makanan yang sudah dibuka atau kedaluwarsa disimpan didalamnya. Karena akan menimbulkan bau ke makanan lain serta menghabiskan banyak ruang.

Jika memiliki makanan yang sudak terbuka, bisa disimpan di wadah yang dapat melindunginya dari panas dan kontaminasi silang dengan makanan silang. Selain itu, buang bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. Namun, sebelum melakukannya, tandai kemasan atau kaleng tersebut sebagai makanan kedaluwarsa agar tidak ada yang mengonsumsinya.

Itulah beberapa barang yang sebaiknya tidak disimpan dirak dapur agar lebih tertata rapi.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini