Beranda Kesehatan Awas! Ini Kesalahan Saat Berpuasa Sehingga Tubuh Jadi Lemas

Awas! Ini Kesalahan Saat Berpuasa Sehingga Tubuh Jadi Lemas

Ilustrasi - foto istimewa urbanradiobandung.com

Ketika berpuasa ternyata ada 4 kesalahan yang cukup sering dilakukan. Hal ini pun sering terabaikan, meskipun pada nyatanya memiliki peranan penting untuk membantu kamu tidak lagi lemas saat berpuasa.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu jadikan bahan evaluasi mulai dari sekarang.

1. Lebih fokus berbuka daripada sahur

Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, Guru besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam perbincangan beberapa waktu silam, kesalahan yang sering dilakukan adalah kebiasaan orang-orang yang terlalu fokus menyiapkan bahan berbuka puasa dibandingkan saat sahur.

“Nah, pola makan yang salah saat puasa adalah saat buka makan sebanyak-banyaknya tapi sahur makan terlalu sedikit,” ungkapnya.

“Karena apa? Karena tidak ada nafsu makan. Untuk bukanya jam 10 pagi saja sudah disiapin kan? Segala macam es, kolak pisang, semuanya disiapkan sehingga menjadi amunisi menjelang tidur. Padahal menjelang tidur kita enggak perlu banyak-banyak amat makan,” lanjut Prof Ali.

2. Menunda waktu berbuka terlalu malam

Meski dianjurkan tidak langsung makan berat, menunda waktu berbuka menjadi lebih malam ternyata juga tidak baik. Malahan menurut Prof Ali, jarak antara berbuka dengan hidangan ringan yang manis dengan makan besar sebaiknya juga tidak terlalu jauh.

“Setelah mengawali dengan yang manis-manis, segera ikuti dengan makan berat sehabis salat magrib, sebab setelah tarawih itu jarak ke tidurnya terlalu sedikit. Katakan makan berbuka setengah 9, berangkat tidur jam 10, itu tidak memberikan kesempatan tubuh untuk memproses,” jelasnya.

3. Justru malas makan sahur

Banyak yang malas saat sahur dan makan ala kadarnya karena malas meyiapkan ketimbang saat mempersiapkan waktu berbuka. Padahal kebutuhan saat sahur justru lebih tinggi.

“Kalau Anda sarapan pagi itu energinya kurang lebih 25 persen (dari kebutuhan harian), nah 25 persen itu berapa? Kita sehari rata-rata katakanlah 2.000 kalori, berarti kalau 25 persen itu 500 kalori. Karena puasa kita 14 jam, maka tingkatkan menjadi 30 persen,” jelas lulusan dari IPB dan Iowa Sate University, Amerika Serikat tersebut.

Ia menuturkan makanan bersantan selama sahur bisa menjadi sumber tenaga yang luar biasa. Sayur lodeh adalah salah satu rekomendasi ciamik.

4. Kurang tidur

Jangan dianggap sepele, kurang tidur benar-benar bisa memengaruhi kamu selama seharian. Abby Sauer, MHR, RD, seorang ilmuwan nutrisi untuk Abbott mengatakan kurang tidur bisa mengacaukan hormon seseorang yang mana bisa memicu rasa lapar.

“Ghrelin, hormon yang memicu nafsu makan, dan leptin, hormon yang membantu kamu merasa kenyang, adalah dua penyebab utama. Ketika hormon-hormon ini berfluktuasi, mereka dapat membuat kamu merasa lapar. Atasi itu dengan cukup tidur setiap malam,” ujarnya dilansir Bustle. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini