Beranda Bisnis Awal Tahun, BPS Catat Inflasi 0,32 Persen

Awal Tahun, BPS Catat Inflasi 0,32 Persen

(Sumber foto: aturduit.com)

JAKARTA – Tahun 2019 diawali dengan catatan inflasi sepanjang Januari yang sebesar 0,32%. Secara tren, inflasi tersebut terpantau lebih rendah dibanding tahun 2017 dan 2018.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menjelaskan, bila dilihat dari penyebab inflasi di Januari 2019, kelompok bahan pangan masih mendominasi.

“Kalau di-summary-kan inflasi Januari 0,32% penyebab utamanya harga ikan, beras, dan beberapa harga sayuran,” kata dia di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, yang dikutip detik.com, Jumat (1/2/2019).

Ia menambahkan, untuk bahan makanan terjadi inflasi 0,92% dengan andil 0,18%. Ikan jadi beberapa komponen yang dianggap punya andil terhadap inflasi Januari 2019.

“Ikan segar andilnya 0,06%. Kedua harga beras andilnya 0,04%. Kemudian ketiga, sayuran seperti tomat andilnya 0,03%, bawang merah andilnya 0,02%” tambah dia.

Meski demikian, tak semua kelompok makanan menyumbang inflasi. Tomat dan cabai malah terpantau mengalami deflasi alias penurunan harga.

“Sebaliknya yang menyubang deflasi, cabai merah andilnya 0,04%, beberapa jenis sayuran 0,01%,” sebut dia.

Komponen lain yang jadi penyumbang inflasi adalah rokok. Menurut Suhariyanto, rokok selalu muncul dalam laporan penyumbang inflasi.

“Untuk kelompok makanan jadi, ada dua komoditas yang memberikan sumbangan 0,01% pertama rokok kretek filter. Ini selalu muncul, untungnya nggak ada yang komplain,” beber dia.  (red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini