Beranda Bisnis Asyik, 2020 Rute KRL Bakal Sampai Stasiun Kota Serang

Asyik, 2020 Rute KRL Bakal Sampai Stasiun Kota Serang

Ilustrasi - foto istimewa wikipedia

SERANG – Masyarakat Kota Serang patut bersyukur. Ini lantaran rute Kereta Rel Listrik (KRL) dari Rangkasbitung bakal sampai hingga Kota Serang.

Itu disampaikan Deputi EVP PT KAI Daop 1 Jakarta, Sofyan Hasan. Kata dia, rencana perpanjangan rute ini akan dilakukan paling cepat pada 2020.

“Tahun depan rencana elektrifikasi sampai Serang, jadi dari Rangkasbitung hingga Serang sudah bisa naik KRL,” ujarnya ditemui di Stasiun Walantaka, Kota Serang, Kamis (21/11/2019).

Dia menjelaskan KRL diperpanjang hingga ke Serang lantaran melihat potensi penumpang yang tinggi. Saat ini saja, kata dia, kereta lokal Rangkasbitung – Merak, setiap harinya mengangkat sekitar 8000 penumpang.

“Jika realisasi berjalan sesuai rencana, maka pada akhir tahun 2020 warga Serang dan sekitarnya sudah bisa menikmati KRL. Untuk instalasi elektrifikasi akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Nantinya, KRL di lintas Rangkasbitung – Serang, akan berjalan di satu rel saja, seiring dibangunnya proyek double track hingga ke Merak,” ucapnya.

Diketahui hingga saat ini, untuk rute KRL ke Barat sudah sampai ke Stasiun Rangkasbitung yang menjadi rute terpanjang sejauh 72,7 kilometer.

Jika nantinya KRL akan sampai ke Serang, maka jarak perjalanan akan mencapai 105 kilometer.

Untuk sistem perjalanannya belum diketahui apakah akan transit terlebih dahulu di Rangkasbitung atau perjalanan langsung dari Stasiun Tanah Abang ke Serang.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini