Beranda Bisnis ASTRA Tol Tangerang-Merak Beri Fasilitas Belajar ke 12 SDN Binaan di Kabupaten...

ASTRA Tol Tangerang-Merak Beri Fasilitas Belajar ke 12 SDN Binaan di Kabupaten Serang

Presiden Direktur PT Marga MandaIasakti, Krist Ade Sudiyono (kanan) didampingi Direktur SDM dan Pelayanan Bisnis FT Marga Mandalasakti Masrana menyerahkan secara langsung bantuan kepada Asda II Pemkab Serang Adjat Gunawan. (Ade F/bantennews.co.id)

SERANG – Menjelang 30 tahun usia PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) kembali memberikan bantuan pendidikan berupa 600 meja dan kursi serta 2.330 buku pelajaran kepada SDN binaan di Kabupaten Serang. Bantuan diserahkan melalui Pemkab Serang.

Hal ini merupakan salah satu program unggulan tanggung jawab sosial ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam pilar pendidikan. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Koper 2, Kecamatan Cikande, Senin (18/2/2019).

Presiden Direktur PT Marga MandaIasakti, Krist Ade Sudiyono didampingi Direktur SDM dan Pelayanan Bisnis FT Marga Mandalasakti Masrana menyerahkan secara langsung bantuan kepada Asda II Pemkab Serang Adjat Gunawan.

Masrana menjelaskan bantuan mebel ini nantinya akan diberikan kepada enam SD binaan ASTRA Tol Tangerang-Merak di Kecamatan Cikande yakni SDN Maja; SDN Gorda 2; SDN Songgom Jaya; SDN Kosambi; SDN Rancailat dan SDN Koper 2, dan bantuan buku perpustakaan kepada enam SD binaan di Kecamatan Kramatwatu yakni SDN Pejaten 1, SDN Pegadingan 1, SDN Pegadingan 2, SDN Gempol, SDN Dermayon dan SDN Margasana.

Penyerahan mebel ini sebagai bentuk persiapan untuk pelepasan dan memandirikan 6 SDN binaan di Kecamatan Cikande yang telah dilakukan pembinaan sejak tahun 2012 yang juga direncanakan untuk mampu melakukan pengimbasan ke sekolah-sekolah lain di sekitar wilayah Kabupaten Serang. Terhitung mulai tahun 2020 ASTRA Tol Tangerang-Merak hanya akan berperan untuk monitoring perkembangan dan pelaksanaan pengimbasan.

”Pelepasan dalam hal ini, tidak semata-mata melepaskan dan membiarkan begitu saja SDN binaan di Kecamatan Cikande, tapi mungkin intensitas pembinaannya mulai dikurangi, karena kami menilai SDN binaan tersebut sudah mampu berjalan sendiri,” ujarnya.

Sementara buku pelajaran akan diberikan kepada SDN binaan di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, yang merupakan SDN binaan ASTRA Tol Tangerang-Merak sejak tahun 2017. Penyerahan buku tersebut merupakan wujud dukungan kegiatan belajar mengajar di sekolah binaan.

“Ini bertujuan memotivasi dalam minat baca di perpustakaan yang dapat mendukung proses pembelajaran baik para guru maupun siswa agar terus semangat berkembang,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Marga MandaIasakti Krist Ade Sudiyono menambahkan, ASTRA Tol Tangerang-Merak memiliki 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Kesehatan, Pendidikan, Kewirausahaan dan Lingkungan.

Di bidang Kesehatan, ASTRA Tol Tangerang-Merak selalu bekerja sama dengan instansi lainnya dalam menggalang donor darah, yang rutin dilakukan dengan target 1.500 kantong darah terkumpul hingga akhir tahun 2019.

Sementara pilar lainnya, saat ini Departemen Environment and Social Responsibiity (ESR) sedang melakukan peningkatan pembinaan melalui program Kampung Berseri ASTRA (KBA) di Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Tangerang. Dengan fokus pada 4 pilar juga yaitu, pilar kesehatan dengan kegiatan membina posyandu, pilar pendidikan dengan cara membina Pendidikan Anak Usia Dini, pilar lingkungan terkait pengeioiaan sampah, serta pilar wirausaha dengan membina dan mengembangkan Usaha Kecil Menengah di daerah tersebut.

“Kami berharap bantuan dari ASTRA Tol Tangerang-Merak ini mampu mendorong masyarakat sekitar Tol Tangerang-Merak, khususnya Pemerintah Kabupaten Serang untuk bersinergi tumbuh dan berprestasi sehingga kontribusi yang dilakukan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujarnya.

Asda II Pemerintah Kabupaten Serang, Adjat Gunawan mengapresiasi atas bantuan dan pembinaan para guru di Kabupaten Serang selama ini. “Kami ucapkan terima kasih pada Astra Infa Toll Road, karena sudah peduli dengan pendidikan di Kabupaten Serang. Kami berharap ada kecamatan-kecamatan lain juga dibantu yang dilalui jalan tol,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran pemerintah kabupaten dan desa, ketua komite sekolah serta 12 kepala sekolah SD binaan. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini