Beranda Pemerintahan ASN Pemkot Cilegon Dituntut Paham Penanganan Bencana 

ASN Pemkot Cilegon Dituntut Paham Penanganan Bencana 

Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Bencana bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot), oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon

CILEGON – Sebanyak 35 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Cilegon mengikuti kegiatan Sosialisasi Pencegahan Bencana bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot), oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula BPBD Cilegon, Kamis (3/10/2019). Wakil Walikota Ratu Ati Marliati membuka acara tersebut.

Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati mengatakan, kegiatan sosialisasi ini agara para ASN turut dapat melakukan penanganan bencana di lingkungan sekitar tempat tinggal. Penanganan bencana juga perlu diketahui oleh ASN di OPD di lain.

“Kita semua berharap tidak ada bencana, tapi langkah antisipasi perlu dilakukan,” kata Ati usai membuka sosialisasi.

Ati menuturkan bahwa sosialisasi ini untuk mengingatkan kepada anggota BPBD dan OPD di lingkungan Pemkot Cilegon agar bisa terampil, cekatan, cepat, dan tanggap ketika di lingkungannya terjadi bencana.

“ASN juga diharap bisa mempercepat informasi ketika di lingkungan sekitarnya terjadi bencana,” katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Cilegon, Erwin Harahap mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman saat di sekitar lingkungan terjadi bencana.

“Jadi mereka diberikan pemahaman cara melakukan penanganan berbagai bencana serta bisa membantu jika hal itu terjadi,” ujarnya.

Erwin juga menjelaskan, selain memberikan pemahaman tentang penangan bencana di sekitar, pihaknya ingin para peserta memiliki rasa kepedulian yang tinggi jika terjadi bencana.

“Bukan hanya pemahaman menangani bencana, tetapi juga menimbulkan rasa kepedulian di lingkungannya, termasuk menghadapi musim hujan yang akan datang,” katanya.

Ia berharap, semua peserta bisa memahami tentang penanganan bencana, dan jika terjadi bencana semuanya bisa ikut berperan untuk meminimalisasi jatuhnya korban.

“Kita berharap bukan hanya anggota BPBD tetapi semua ikut berperan dalam penanggulangan bencana di Cilegon,” harapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini