Beranda Pemerintahan Aset 1,6 Hektare di BLK Serpong Terbengkalai, Komisi III Nilai Pengelolaan Aset...

Aset 1,6 Hektare di BLK Serpong Terbengkalai, Komisi III Nilai Pengelolaan Aset Pemprov Banten Buruk

Ade Hidayat. (Iyus/bantennews.co.id)

 

SERANG – Wakil Ketua Komisi III DPRD Banten, Ade Hidayat menilai konsep pengelolaan aset oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten masih buruk. Hal itu setelah pihaknya menemukan fakta bahwa terdapat aset seluas 1,6 hektare yang berlokasi di Balai Latihan Kerja (BLK) Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), yang terbengkalai.

Ade mengaku, Komisi III belum lama ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke BLK Serpong, Kota Tangsel. Pihaknya menemukan terdapat aset Pemprov Banten seluas 1,6 hektare berupa bangunan untuk pelajar yang mengikuti latihan kerja kondisinya terbengkalai.

“Kami menemukan aset provinsi yang terbengkalai seluas 1,6 hektare dengan pembangunan wisma untuk para pelajar yang ikut latihan di BLK. Dan sampai sekarang aset itu belum digunakan sama sekali,” kata Ade, Kamis (9/7/2020).

Ade menilai, pembangunan gedung yang hampir menelan anggaran sebesar Rp 50 miliar pada tahun 2015-2016 tersebut menjadi bentuk buruknya konsep dan perencanaan oleh Pemprov Banten.

“Akhirnya tidak ditemukan konsep dengan  perencanaan yang baik. sebenarnya untuk apa wisma dengan  empat tower tersebut dibangun. Jadi sampai sekarang masih nganggur itu bangunannya,” katanya.

Ironisnya, lanjut Ade, terjadi kehilangan isi dari gedung tersebut seperti AC yang jumlahnya hampir setengah dari AC gedung yang ada.  “Anehnya tidak terdapat tanda ada pendobrakan pintu-pintu sebagai tanda digondol maling.  Kasus itu harus segera diselidiki. Karena itu sudah membuat kerugian daerah,” ujarnya.

Ia mendesak kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten  untuk segera memperjelas penggunaan aset tersebut. “Agar berdampak pada peningkatan potensi pendapatan. Sejak beres dari 2016, sampai sekarang belum digunakan, bahkan belum ada mebeler-nya,” tegasnya.(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini