Beranda Nasional Arus Balik, Ratusan Ribu Pemudik Menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak

Arus Balik, Ratusan Ribu Pemudik Menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak

Antrean pemudik di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak - (Usman Temposo/BantenNews.co.id)

CILEGON – Sebanyak 107.742 penumpang arus balik menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak pada H+7 Lebaran, Sabtu (29/4/2023). Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding hari-hari sebelumnya.

Dilansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), berdasarkan data Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Bakauheni, Syaifullahil Maslul, mencatat angka tersebut merupakan jumlah penumpang arus balik tertinggi ketiga setelah sebelumnya terjadi pada H+3 tepatnya 25 April sebanyak 123.232 dan di H+4 yaitu 26 April sebesar 111.875 penumpang.

Dari total 107.742 yang melakukan penyeberangan arus balik tercatat ada 8.609 penumpang pejalan kaki dan 99.133 pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Jumlah kendaraan yang menyeberang juga meningkat jika dibandingkan dengan Jumat (28/4/2023) yakni 15.771 yang terdiri dari 13.836 mobil, 623 motor dan 1.512 kendaraan truk serta bus.

ASDP sendiri sudah menyiapkan beragam persiapan untuk menghadapi lonjakan arus balik yang diperkirakan juga akan terjadi pada Minggu. Beberapa persiapan diantaranya ymemastikan seluruh armada kapal berfungsi dan pelayanan di setiap pelabuhan bisa berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta manajemen PT ASDP Indonesia Ferry untuk bersiap menghadapi gelombang kedua arus balik pada 30 April dan 1 Mei 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

“Ada masyarakat yang mudiknya masih lama dan baru akan pulang akhir pekan ini. Untuk itu, kita harus siap melayani dengan baik dan saya minta Dirut PT ASDP Indonesia Ferry untuk menjaga ini,” ujar Budi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (28/4/2023).

Menurutnya, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni mampu menampung 39 ribu kendaraan termasuk 33 kapal feri yang dapat membawa penumpang dan kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Pihaknya juga telah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan pelabuhan, jika Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni padat maka seluruh kendaraan akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ