Beranda Peristiwa Arus Balik dari Bakauheni ke Banten Membludak, Tol Trans Sumatera Macet

Arus Balik dari Bakauheni ke Banten Membludak, Tol Trans Sumatera Macet

Situasi arus kendaraan pemudik di areal Pelabuhan Merak. (Foto Istimewa)

SERANG – Arus balik dari Sumatera menuju Banten membludak. Bahkan kemacetan terjadi di ruas Tol Trans Sumatera yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Penyebabnya adalah kepadatan kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten.

“Kalau untuk kemacetan, pas di Pelabuhan Bakauheni. Jadi dampaknya sampai tol,” kata petugas call center Tol Trans Sumatera, Iswadi, Sabtu (8/6/2019).

Dia menyebut kemacetan terjadi sekitar 1 km. Kepadatan juga terpantau di ruas jalan lintas Sumatera yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni.

“Arus balik, kan dari Pelabuhan Bakauheni padat, jadi dampaknya ke tol,” ucapnya seperti dikutip dari detik.com.

Pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), yang mengelola Pelabuhan Bakauheni, telah mempersiapkan upaya memperlancar arus balik. Salah satunya dengan memberikan diskon tarif sebesar 10 persen.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan diskon tarif berlaku pada waktu siang. Sedangkan pada malam hari akan berlaku kenaikan tarif sebesar 10 persen.

Hal ini dilakukan guna mengatur arus balik. Sebab, selama ini, saat arus balik pemudik cenderung memilih menyeberang pada waktu siang hingga sore.

Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, akan diberlakukan diskon tarif 10 persen pada siang hari (08.01-19.59) dan kenaikan tarif 10 persen pada malam hari (20.00-08.00). Tarif ini berlaku pada 7-9 Juni 2019. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini