Beranda Kesehatan Aroma Kopi di Pagi Hari Bisa Bangkitkan Semangat

Aroma Kopi di Pagi Hari Bisa Bangkitkan Semangat

Ilustrasi - foto istimewa medcom.id

Kopi tidak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga membuat bahagia dan membangkitkan semangat. Tidak heran bila minuman dengan kandungan kafein ini paling disukai oleh banyak orang.

Apalagi, wangi aroma kopi juga bisa membangkitkan semangat Anda pada pagi hari, termasuk membuat Anda menjadi lebih fokus untuk bekerja.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Enviromental Psychology, aroma kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat kita jadi lebih fokus dalam beraktivitas.

Hal ini disebabkan karena kopi kaya akan senyawa heterosiklik, yang memengaruhi rasa dan bau suatu zat. Manusia cenderung menyukai wangi ini karena bisa membuat kita merasa lebih baik. Selain itu, aroma kopi yang khas juga bisa menstimulus otak untuk berpikir dengan tenang dan menghindari stres.

Saat biji kopi melalui proses roasting, ada sekitar 800 senyawa berbeda terbentuk di waktu bersamaan. Reaksi ini merupakan bentuk degradasi termal, yang membuat gula dan protein membentuk senyawa yang mudah menguap.

Sebagian besar reaksi ini akan terjadi pada dinding-dinding tebal sel biji kopi. Ini bertindak sebagai ruang penekan yang kecil. Namun, tidak semua senyawa tersebut menyumbangkan wangi yang sama dan sedap untuk dicium.

Nah, ini juga terjadi pada green coffee bean, yang merupakan biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang. Ketika diseduh, aroma biji kopi hijau akan terasa seperti rumput dan tanah. Hal ini terjadi karena kopi yang diseduh tersebut masih mendapatkan asam organik dan kafein. (Red)

Sumber : womentalk.com