Beranda Bisnis Arkadia Digital Media Optimis Menatap 2020

Arkadia Digital Media Optimis Menatap 2020

Foto istimewa

SERANG – Catatan kinerja portal-portal milik PT Arkadia Digital Media Tbk menunjukkan hasil memuaskan sepanjang tahun ini, yang sekaligus membuka peluang pengembangan lebih jauh ke depan.

PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) memaparkan pencapaian dan kinerja
sepanjang satu tahun terakhir, yang secara umum dinilai cukup membanggakan. Paparan itu dilakukan Perseroan dalam agenda Public Expose 2019 yang dilaksanakan di Hotel Jambuluwuk Thamrin, Jl Riau, Jakarta, Kamis (5/12/2019) lalu.

Secara finansial, berdasarkan laporan keuangan terbaru periode kuartal
ketiga (Q3) yang sudah disampaikan kepada pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dapat diakses publik, per 30 September 2019, PT Arkadia Digital Media Tbk mencatatkan pendapatan sebesar Rp23,54 miliar. Angka ini tercatat naik 16,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp 20,21 miliar.

“Kinerja Perseroan hingga mendekati akhir tahun cukup memuaskan. Pencapaian di atas ekspektasi awal dan ini menunjukkan bisnis media digital sangat menjanjikan. Penguatan konten, distribusi, inovasi hingga pemantapan lini bisnis membuat capaian setahun terakhir membanggakan,” kata CEO PT Arkadia Digital Media Tbk Wiliam Martaputra.

Beberapa capaian sepanjang tahun ini antara lain adalah dengan diluncurkannya lima Suara.com Regional sebagai saluran khusus untuk berita-berita lokal (daerah) pada Maret 2019. Dalam hitungan bulan, kelimanya ini, masing-masing yaitu Suara Banten, Suara Jabar, Suara Jateng, Suara Jogja dan Suara Jatim terbukti potensial dan menarik
minat pembaca, sehingga pengembangan maksimal dan peluncuran lebih banyak lagi Suara.com Regional sangat dipertimbangkan.

Dua langkah pengembangan lainnya yang belum lama dilakukan, pertama adalah peluncuran sistem membership, yang sekaligus diperkuat dengan fitur untuk memaksimalkan konten buatan pengguna (User Generated
Content/UGC) berikut sistem poinnya, pada September 2019. Selanjutnya adalah peluncuran platform e-commerce Serbada.com yang memperkenalkan konsep “news-commerce” pada 11 November 2019, dengan potensi besar dan sistem yang masih sangat terbuka untuk terus dikembangkan.

Suara.com sendiri mengalami kemajuan cukup pesat dalam setahun terakhir, yang antara lain terlihat dari jumlah produksi konten maupun variasi dan kualitas yang dihasilkan. Beberapa sajian andalan seperti yang terhimpun
di laman Cek Fakta, Khas (Liputan Khusus), juga puluhan video-video liputan reporter dari lapangan per harinya, telah menjadi produk yang kian diminati khalayak belakangan. Cek Fakta bahkan mencatatkan capaian
tersendiri, dengan resmi diakuinya Suara.com sebagai salah satu media online terverifikasi dalam daftar International Fact-Checking Network (IFCN) pada Oktober 2019 lalu.

Tak ketinggalan pula berbagai hasil olahan tim multimedia lewat Arkadia Production, baik yang bersifat produk atau program spesial dengan
dukungan infografis/videografis dari tim desain, maupun produk layanan untuk berbagai klien. Khusus yang kedua ini, antrean pesanan dan jadwal kerjanya bahkan hampir tidak pernah berhenti sepanjang tahun ini.

Lainnya, juga ada kinerja dari unit Arkadia Event, yang setidaknya telah menggelar dua kegiatan besar dan bergengsi sepanjang tahun 2019. Yang pertama adalah talkshow “Politik Tanpa Hoax” yang digelar berbarengan
dengan peluncuran Suara.com Regional pada bulan Maret, dan yang kedua adalah event lomba Situ Gunung Trail Run 2019 yang dilaksanakan pada Agustus di daerah Sukabumi.

Catatan yang juga menunjukkan capaian membanggakan itu bisa dilihat dari data traffic ke portal-portal yang dikelola Perseroan, serta dari peringkat Alexa. Suara.com misalnya, terutama mulai awal Q2 tahun ini sudah mencatatkan traffic harian maupun bulanan yang naik sekitar dua kali lipat dari periode sebelumnya, yang sejauh ini berujung pada duduknya Suara.com di posisi 6 besar portal berita nasional yang terverifikasi Dewan Pers hingga saat ini.

Demikian juga halnya dengan yang dialami beberapa portal vertikal, seperti Matamata.com dan Hitekno.com. Matamata.com misalnya, terus mencatatkan progres, baik dari sisi sajian maupun capaian traffic-nya, dan belakangan sudah rutin masuk di peringkat 40-an Alexa. Demikian juga dengan Hitekno.com, yang dalam beberapa bulan belakangan terus
berkembang dan kini telah menjadi portal nomor satu di bidangnya (teknologi, gadget dan sejenisnya).

“Generasi milenial, pengakses digital usia muda lebih menyukai portal vertikal yang tersegmentasi sesuai yang mereka inginkan. Ini membuat pertumbuhan 7 portal vertikal berkembang cepat. Untuk Matamata.com dan
Hitekno.com bisa mencapai 3 besar portal vertikal di bidangnya yang diraih dua tahun sejak berdiri,” kata Suwarjono, Pemimpin Redaksi portal-portal media di bawah PT Arkadia Digital Media Tbk.

Atas pencapaian tersebut di atas, Suwarjono menambahkan, Perseroan menatap tahun depan dengan optimistis, baik dari segi kinerja dan pencapaian yang diyakini masih akan terus meningkat, maupun dari sisi performa keuangan dan permodalan. Perseroan memiliki sejumlah program pengembangan yang juga sudah dirancang untuk unit-unit usaha Perseroan setidaknya dalam setahun ke depan.

Diketahui, saat ini Perseroan memiliki tiga anak perusahaan, masing-masing yaitu PT Arkadia Digital Media (AMN) yang mengelola Suara.com dan mengembangkan Suara.com Regional; PT Mata Media Nusantara (MMN) yang mengelola Matamata.com (portal selebriti dan hiburan), Bolatimes.com (sepak bola dan olahraga) dan Hitekno.com (teknologi dan gadget); serta PT Integra Archipelago Media (IAM) yang mengelola portal-portal seperti Dewiku.com (perempuan), Mobimoto.com (otomotif dan motorsport), Guideku.com (travel dan kuliner) dan Himedik.com (kesehatan
dan medis). Unit usaha lainnya adalah Arkadia Production dan Arkadia Event, ditambah portal e-commerce Serbada.com yang baru meluncur
November 2019.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini