Beranda Olahraga Arifal Tembus 2 Nomor Final PON XX Papua

Arifal Tembus 2 Nomor Final PON XX Papua

Atlet Dayung Banten, Arifal

JAYAPURA – Atlet dayung Banten Arifal berhasil masuk babak final nomor Kayak Slalom dan Kano Slalom cabor dayung PON XX Papua. Hal itu dipastikan Arifal usai masuk kelompok 8 besar di dua nomor tersebuy pada babak penyisihan, di Teluk Youtefa, Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Di penyisihan Kayak Slalom, Arifal ada di posisi ke 6 dengan catatan waktu 01.19.598 menit. Sedangkan pada nomor Kano Slalom, Arifal bertengger di posisi ke 3 dengan waktu 01.17.922 menit.

PON XX Papua.

Ditemui usai pertandingan, Arifal mengatakan keberhasilan saat babak penyisihan dilalui dengan susah payah. Pasalnya, persaingan di kayak dan kano slalom memang ketat.

“Selisih waktu di babak penyisihan pun hanya terpaut beberapa detik saja. Contohnya, catatan waktu saya dengan atlet Papua dan Jawa Barat di nomor kano slalom,” katanya lagi.

Pelatih dayung Banten Ahmad Yaman mengamini hal itu. Tapi menurut Yaman, Arifal tetap berpeluang menyodok ke posisi 3 besar di kedua nomor tersebut.

Apalagi, Arifal punya catatan apik di 2 nomor ini pada babak kualifikasi PON cabor dayung, di Danau Cipule, Karawang, 2019 lalu. Saat itu, di nomor kano Arifal meraih emas. Sedangkan di nomor kayak, ia merebut perunggu.

“Hanya saja, babak kualifikasi waktu itu tidak diikuti atlet ruan rumah Papua yang otomatis lolos ke PON. Pasti akan ramai di final Minggu (3/10) nanti,” kata Yaman.

Arifal menjadi andalan Banten terakhir di cabor dayung nomor Canoeing. Cabor dayung masih menyisakan nomor Perahu Tradisional yanv baru akan dimulai 9 Oktober mendatang.

Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo yang sempat menyaksikan babak penyisihan cabor dayung, Sabtu (2/10/2021), berharap agar cabor dayung bisa meraih medali emas pertama bagi Banten di PON XX agar menjadi stimulan bagi cabor lain untuk menjadi yang nomor satu.

Seperti diketahui, Banten hingga kini belum berhasil meraih medali emas. Raihan Kontingen Banten saat ini adalah 2 perak dan 5 perunggu.

(Red/PON)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini