Beranda Teknologi AR&Co Anak Usaha WIR Group dan Miniapolis Dukung Pendidikan Anak Usia Dini...

AR&Co Anak Usaha WIR Group dan Miniapolis Dukung Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Teknologi Interaktif yang Imersif

Foto istimewa

SERANG – Pendidikan usia dini sangat menentukan pembentukan kecerdasan, karakter dan kepribadian seorang anak di masa depan. Sebagai aset bangsa, anak selayaknya memperoleh edukasi yang tepat dan memadai sejak dini untuk dapat membantu tumbuh kembang mereka di masa depan seiring dengan akselerasi berkembangnya teknologi digital.

Hal ini mendorong AR&Co, anak usaha WIR Group, berkolaborasi dengan Miniapolis, sebuah wahana bermain kanak-kanak usia 0-12 tahun, menghadirkan wahana baru dengan teknologi Augmented Reality, “Imaginarium”.

Miniapolis berharap dengan adanya perubahan konsep ini akan semakin mempermudah keluarga-keluarga di Indonesia dalam menemukan destinasi bermain yang bersih, aman dan nyaman sesuai dengan “one-stop kids shopping and entertainment” yang diusung. Menempati area 1000 meter persegi lantai 3 di mall Plaza Indonesia, Miniapolis menghadirkan program-program kegiatan edukasi secara gratis untuk anak-anak setiap akhir pekan, seperti kelas memasak, berkebun, art & craft, hingga pertunjukkan sulap, balloons art, magic science show, menyanyi dan masih banyak lainnya.

“Melalui Kolaborasi ini Miniapolis makin memperkuat posisinya di bidang family entertainment yang menghadirkan konsep terbaru dengan memadukan teknologi digital dengan playground yang instagramable sebagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga di masa kini, sesuai tagline Miniapolis yaitu “Bringing smiles to everyone”, “ jelas Prettny Hartono, Head of Operations Miniapolis, di acara media briefing dengan media di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Imanginarium, dengan teknologi yang dipersembahkan oleh AR&Co, menghadirkan berbagai jenis permainan interaksi digital yang dapat dimainkan bersama seluruh keluarga seperti interactive wall coloring, di mana anak-anak mewarnai gambar yang kemudian dimunculkan pada layar proyeksi serta bergerak seperti sebuah animasi. Pada wahana interactive ball pool, dihadirkan proyeksi planet-planet pada dinding, dan saat anak-anak melempar bola ke planet tersebut, maka planet akan bergerak.

“Dalam mengembangkan teknologi tentunya kami selalu mengacu pada filosofi inklusivitas sehingga setiap orang dapat menikmati pengalaman imersif yang belum pernah dirasakan, bahkan oleh anak-anak sejak usia dini. Platform Teknologi yang dikembangkan oleh WIR Group dapat bermanfaat bagi seluruh kategori industri, salah satunya adalah pendidikan” ujar Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer, WIR Group.

“Dengan menghadirkan inovasi teknologi maka proses pembelajaran anak akan lebih menarik dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta kreativitas anak. Kami memanfaatkan teknologi AR untuk mengemas sebuah animasi dan gambar untuk dapat menarik perhatian anak-anak yang rentan terhadap visual dan warna. Pengalaman belajar anak-anak pun menjadi unik dan beragam,” ujar Juliwina, Head Of Operation, AR&Co.

AR&Co sendiri sudah hadir sebagai solusi teknologi sejak tahun 2009. Banyak produk inovasi yang telah dikembangkan dan telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT). Pada tahun ini AR&Co berhasil mendapatkan penghargaan dari Asian Technology Asian Awards 2022 for Augmented Reality and Virtual Reality untuk teknologi IseeAR yang juga menjadi fitur teknologi untuk edukasi anak-anak. Teknologi ini menyuguhkan pengalaman virtual yang terasa begitu nyata karena memungkinkan produk apapun untuk ditampilkan secara 3-dimensi dalam sesi video conference sehingga dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini