Beranda Peristiwa Arab Akui Jamal Kashoggi Tewas di Konsulatnya

Arab Akui Jamal Kashoggi Tewas di Konsulatnya

Jamal Khashoggi (Foto: Middle East Monitor/Handout via REUTERS)

 

RIYADH – Otoritas Arab Saudi telah mengakui wartawan Jamal Khashoggi tewas di dalam konsulatnya di kota Istanbul Turki. Disebutkan Khashoggi tewas setelah terlibat perkelahian.

Dikutip detik.com dari Aljazeera, Sabtu (20/10/2018), Kantor berita resmi kerajaan SPA mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan wartawan tersebut hilang setelah terjadi ‘pertarungan tinju’.

“Sebuah argumen meletus antara dia (Khashoggi) dan yang lain yang dia temui di konsulat Saudi di Istanbul yang menyebabkan perkelahian tinju yang menyebabkan kematiannya,” SPA melaporkan.

“Investigasi masih berlangsung dan 18 warga Saudi telah ditangkap,” kata pernyataan dari jaksa penuntut umum Saudi, menambahkan penasihat istana Saud al-Qahtani dan wakil kepala intelijen Ahmed al-Asiri telah dipecat dari jabatan mereka.

Jamal Khashoggi diduga dibunuh sejak menghilang pada 2 Oktober lalu. Otoritas Saudi sebelumnya menyangkal atas tuduhan-tuduhan atas pembunuhan Khashoggi.

Namun demikian, dugaan Khashoggi tewas makin menguat. Laporan berbagai media, yang mengutip sumber-sumber pejabat Turki, menyebut adanya bukti rekaman audio dan video yang menunjukkan Khashoggi diserang, dibunuh dan dimutilasi usai masuk ke Konsulat Saudi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ