Beranda Sosok Aqila Rafeyfa, Putri Asal Cilegon Wakili Indonesia Pada MTQ Tijan Annour di...

Aqila Rafeyfa, Putri Asal Cilegon Wakili Indonesia Pada MTQ Tijan Annour di Qatar

Aqila Rafeyfa (kerudung hitam) bersama kedua orang tuanya dan kakaknya usai berkunjung ke ruang Walikota Cilegon. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Aqila Rafeyfa putri asal Kota Cilegon menjadi salah satu dari 6 peserta yang mewakili Indonesia dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tijan Annour tingkat internasional yang diselenggarakan di Qatar.

Putri kandung dari salah satu Kepala Bidang di Dinas Satpol-PP Kota Cilegon ini berhasil menyisihkan ribuan peserta lainnya dari sejumlah negara dalam seleksi yang digelar secara online dengan mengirimkan video pada Agustus 2023 lalu.

Aqila yang merupakan siswi SMP Al-Hanif Cilegon ini mengikuti MTQ Tijan Annour tingkat internasional kategori anak-anak di bawah usia 14 tahun. Ia dijadwalkan akan berangkat ke Qatar pada Minggu (21/1/2024) mendatang.

“Nanti di sana itu kurang lebih 11-12 hari di Qatar. Kemarin tiket dan visanya sudah turun dari Qatar, inshaAllah hari Minggu kita take-off. Akomodasi semua ditanggung dari sana,” kata Ahmad Marfu selaku ayahnya.

Marfu mengungkapkan, putri kesayangannya itu bisa mengikuti perlombaan MTQ Tijan Annour itu setelah mendapat informasi dari grup para qori dan qoriah.

“Informasinya dari perkumpulan qori kan biasanya ngasih informasi negara ini akan mengadakan lomba nih negara ini. Pesertanya ada 16 orang nanti di sana, cuma dari Indonesia ini yang paling banyak ada 6 orang peserta dan Aqila menjadi perwakilan dari Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Aqila mengaku bangga dengan keikutsertaannya dalam ajang MTQ Tijan Annour tingkat Internasional di Qatar. Hal ini juga merupakan salah satu cita-citanya sejak lama.

“Senang dan gak nyangka bisa ikut. Ini juga cita-cita saya bisa ikut lomba MTQ di luar negeri,” ucapnya.

Diketahui, Aqila telah mengikuti lomba MTQ di beberapa tingkatan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia belajar mengaji tilawah di salah satu guru yang berlokasi di Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon.

“Dari kelas 1 SD sudah belajar tilawah di Pak ustaz Ihsan di Palas. Ikut lomba dari mulai kelas 3 SD dari tingkat kelurahan sampai provinsi” ujarnya.

Ia juga mengaku telah mempersiapkan segalanya untuk bisa tampil membacakan ayat-ayat suci Al-Quran dengan merdu nanti di hadapan dewan juri pada ajang MTQ Tijan Annour tingkat Internasional di Qatar.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang menerima kedatangan Aqila beserta keluarganya di ruang Walikota mengapresiasi setinggi-tingginya atas keikutsertaannya dalam ajang MTQ tingkat internasional tersebut.

“Ini spesial ya, karena memang Aqila ini beberapa waktu yang lalu itu juga masuk perlombaan MTQ di Kota Cilegon dan ikut ke Provinsi Banten. Aqila ini satu-satunya dari Provinsi Banten dari sekitar 1.600 yang seleksi di Qatar itu. Aqila ini termasuk dari 16 orang yang ikut lomba,” katanya.

Helldy turut bangga atas pencapaian prestasi Aqila yang bisa mengikuti MTQ tingkat internasional di Qatar. Ia juga memberikan motivasi dan sejumlah perbekalan untuk Aqila.

“Beliau ini ingin mengembangkan karirnya. Tentunya disupport oleh kedua orang tuanya yang ASN. Jadi artinya kami bangga selaku keluarga di Lingkungan Pemkot Cilegon ada anak dari ASN yang ikut lomba di Qatar. Atas nama pribadi saya ucapkan selamat,” ujarnya.

Ia berharap kepada putra-putri Kota Cilegon dapat termotivasi oleh Aqila dan pantang menyerah dalam mengejar impian dan cita-citanya.

“Kepada anak-anak Kota Cilegon harus tetap semangat, giat, dan tekun dalam mengejar cita-citanya agar bisa menjadi kebanggaan orang tua dan negara,” pungkas Helldy. (Mg-STT/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini