Beranda Pemerintahan APBD Perubahan Pemprov Banten Harus Menyentuh Masyarakat

APBD Perubahan Pemprov Banten Harus Menyentuh Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Banten Fahmi Hakim saat diwawancara awak media.(Mir/BantenNews.co.id)

SERANG – Wakil Ketua DPRD Banten, Fahmi Hakim berharap program-program yang masuk dalam APBD Perubahan 2020 harus menyentuh masyarakat. Diketahui, DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tengah melakukan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2020.

“KUA PPAS sedang kita bahas. Tentunya kita konsolidasikan terhadap anggaran yang ada. Termasuk kaitan refocusing, kami akan pastikan anggaran Rp1,9 triliun yang digunakan untuk (penanganan) Covid-19 dan menyinkronkan dengan program yang akan dilaksanakan,” kata Fahmi, Minggu (19/7/2020).

Terkait sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa), Fahmi mengungkapkan, hal itu sudah masuk dalam refocusing.

“Tapi kita akan konsolidasikan dengan pemprov berapa silpa refocusing yang tidak terpakai dan kemudian akan kita gunakan ke program kegiatan lain, terutama yang berhubungan dengan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Banten, Muhlis mempertanyakan penggunaan anggaran refocusing covid-19 untuk penanganan dan penyebaran virus corona di Provinsi Banten. Pasalnya, sampai saat ini DPRD Banten belum mendapatkan laporan dari pihak eksekutif perihal penggunaan anggaran refocusing Covid-19 di Provinsi Banten.

Oleh karena itu, Muhlis mengaku, pihaknya mendorong kepada Ketua DPRD Banten, Andra Soni untuk segera menjadwalkan pemanggilan kepada gugus tugas penanganan Covid-19. Hal itu untuk mengetahui Silpa penggunaan anggaran refocusing Covid-19, mulai dari keperluan untuk belanja obat, alat kesehatan hingga bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat yang informasinya mengalami penyusutan sebanyak satu bulan dari sebelumnya pernah direncanakan untuk diberikan kepada masyarakat selama tiga bulan.

“Kalau memang mengalami pengurangan, kan dananya bisa dibahas sekalian untuk perubahan. Sementara waktunya itu semua bersamaan bulan ini (KUAPPAS dan P2 APBD),” tandasnya.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ