Beranda Gaya Hidup Apa Sih Surat Lamaran Kerja itu? Ini Loh Arti Penting dan Bedanya...

Apa Sih Surat Lamaran Kerja itu? Ini Loh Arti Penting dan Bedanya dengan CV

23579
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Suat lamaran kerja dibutuhkan untuk syarat mencari pekerjaan. Berkas yang satu ini juga menjadi hal penting karena menjadi pembuka pembicaraan kita dengan perekrut yang akan memproses lamaran pekerjaan kita. Selain CV dan ijazah serta sertifikat, surat lamaran pekerjaan cukup penting.

Untuk kamu yang belum tahu apa itu surat lamaran kerja, bedanya dengan CV dan pentingnya surat lamaran kerja yang bagus, langsung baca sampai habis artikel ini ya.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?



Arti dari surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang dan ditujukan kepada sebuah instansi atau perusahaan dengan maksud untuk melamar pekerjaan di instansi atau perusahaan tersebut. Surat lamaran kerja merupakan surat dari perseorangan yang bersifat resmi yang dalam penulisannya harus menggunakan tata bahasa yang baik dan sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.

Isi dari surat lamaran kerja biasanya terdiri dari pembuka, perkenalan dan data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan tersebut, daftar lampiran berkas, dan penutup. Pada surat lamaran pekerjaan perlu diperhatikan data diri singkat yang kamu cantumkan serta tujuan atau pekerjaan apa yang akan kamu lamar.

Data diri singkat yang dicantumkan pada perkenalan diri singkat biasanya hanya menuliskan nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah, dan nomor yang bisa dihubungi. Sementara itu, pada tujuan atau pekerjaan apa yang akan kamu lamar juga harus ditulis dengan jelas supaya perekrut dengan mudah menindaklanjuti proses seleksi lamaran. Jangan ragu untuk mem-bold jenis pekerjaan yang kamu lamar supaya perekrut dengan cepat memindai lamaranmu.

Bedanya Surat Lamaran Kerja dan CV

Surat lamaran kerja dan CV adalah dua hal yang sangat berbeda. Surat lamaran kerja bisa dibilang merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar pekerjaan. Sedangkan CV adalah daftar riwayat hidup yang berisikan perjalanan hidup seseorang yang dilihat dari pendidikan dan pekerjaan apa saja yang pernah dilakukannya.

Biasanya CV dilampirkan bersama dengan surat lamaran kerja supaya perekrut dapat mengenalmu lebih jauh sebelum memanggilmu untuk proses wawancara atau interview.

Pentingnya Surat Lamaran Kerja yang Bagus

Dalam sebuah proses rekrutmen pegawai, tidak hanya satu atau dua orang yang melamar. Pelamar untuk satu posisi di sebuah perusahaan bisa berjumlah puluhan bahkan ratusan orang. Dari banyaknya yang mendaftar, tentu hanya yang terbaiklah yang akan ditindaklanjuti untuk masuk ke tahap berikutnya. Salah satu cara untuk membuat perekrut terkesan adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang bagus.

Surat lamaran kerja yang bagus harus jelas maksud dan tujuannya, daftar berkas yang dikirimkan sama dengan yang tercantum di dalam surat lamaran kerja, dan tidak ada typo. Pentingnya surat lamaran kerja yang bagus adalah supaya aplikasi lamaranmu stand out dan terpilih di antara ratusan aplikasi lamaran yang masuk. (Red)

Sumber : Popbela.com