Beranda Peristiwa Anyer-Cinangka Diterjang Banjir Rob, Balawista: Tak Ada Warga yang Ngungsi

Anyer-Cinangka Diterjang Banjir Rob, Balawista: Tak Ada Warga yang Ngungsi

Banjir rob di kawasan wisata Anyer

KAB. SERANG – Sebuah video memperlihatkan banjir rob di kawasan Anyer-Cinangka, Kabupaten Serang yang terjadi pada Senin (6/12/2021) malam. Peristiwa banjir rob itu diabadikan oleh beberapa warga.

Dari video tampak air rob menggenangi jalan yang berada Kampung Jambu, Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Anggota Balawista Cinangka, Samsul Fadjri membenarkan bahwa di lokasinya terjadi banjir rob namun banjir rob yang menggenangi jalananan.

“Benar, itu rob biasa bukan apa-apa. Kalau di Jambu udah biasa begitu mah karena bibir pantainya nempel sama jalan raya, jadi jarak bibir pantai dengan jalan raya dekat,” ujar Fadjri kepada BantenNews.co.id, Senin (6/12/2021).

Terkait kabar banyaknya warga yang mengungsi, Fadjri menyebutkan tidak ada warga yang mengungsi. “Enggak, enggak ada yang di situ mah,” ucap Fadjri.

Sementara itu, air laut pasang juga terjadi di Kecamatan Anyer tepatnya di Desa Bandulu.

Akibat dari air laut pasang tersebut, warung-warung yang berada dekat dengan bibir pantai mengalami kerusakan. Hal itu diungkapkan oleh Sobari selaku Anggota Balawista Bandulu Anyer.

“Di Bandulu tidak ada yang mengungsi, situasinya hanya ombak pasang biasa saja kok sama warung-warung yang di dekat pantai itu semua terkena ombak pasang,” kata Sobari.

Sebelumnya, BMKG telah memprediksi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia yakni mulai Desember 2021 hingga Januari 2022, curah hujan pada umumnya berada pada kategori menengah hingga tinggi (100-500 mm per bulan). Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada.

(Nin/Red)