Beranda Kesehatan Antisipasi Virus Corona, Rumah Sakit di Tangsel Siapkan Ruang Instalasi Khusus

Antisipasi Virus Corona, Rumah Sakit di Tangsel Siapkan Ruang Instalasi Khusus

284
0
Ilustrasi virus Corona - foto istimewa waspada online

TANGSEL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan koordinasi terkait dengan adanya wabah Virus Corona dengan RSUD Tangsel, RSUD Kota Tangerang, dan RSPI yang sudah memiliki ruang instalasi khusus untuk virus berbahaya seperti Corona.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel Tulus Muladiyono mengatakan, Pemkot Tangsel akan cepat tanggap menghadapi virus baru tersebut.

“Sebelumnya juga kami melakukan penanganan seperti penanganan virus flu burung dan flu babi,” ujar Tulus dalam Rapat Lintas Sektoral Terkait Virus Corona di Hotel Sol Marina Kota Tangsel, Jumat (31/1/2020).





Tulus menambahkan selain dengan adanya fasilitas koordinasi tersebut, Pemkot Tangsel juga sudah melakukan persiapan dengan menyiapkan satu ruang khusus dengan dua tempat tidur di RSUD.

”Sifatnya untuk observasi, jadi jika ada pasien yang memiliki gejala, bisa diobservasi di ruangan tersebut,” ungkap Tulus.

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengimbau kepada seluruh stakeholder untuk berpartisipasi secara aktif dalam memaksimalkan pencegahan virus tersebut tanpa membuat masyarakat merasa khawatir.

”Jadi, untuk sosialisasi ini tidak perlu dilakukan secara terus menerus. Saya yakin masyarakat sudah jauh lebih pintar. Efek dari sosialisasi secara terus menerus justru membuat masyarakat menjadi paranoid. Jadi lakukan sosialisasi sekadarnya,” kata Airin.

Salah satu sosialisasi yang akan mereka lakukan adalah memaksimalkan teknologi. Sehingga, Dinas Komunikasi dan Informatika untuk melakukan sosialisasi ini melalui website, Instagram atau lainnya.

(Ihy/Red)