Beranda Hukum Antisipasi Tahanan Kabur, Kapolda Minta Ruang Tahanan Diperkokoh

Antisipasi Tahanan Kabur, Kapolda Minta Ruang Tahanan Diperkokoh

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar saat kunjungan ke Mapolres Serang. (Wahyu/bantennews)

SERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar meminta kepada Kapolres Serang agar melakukan pemeriksaan rutin kekuatan bangunan serta dinding ruang tahanan. Pemeriksaan rutin dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Permintaan Kapolda ini disampaikan saat berkunjung ke Mapolres Serang bersama sejumlah pejabat utama.

“Untuk menjaga kenyamanan serta menghindari kejadian yang tidak diinginkan perlu dilakukan pemeriksaan berkala, terhadap kekuatan dinding bangunan ruang tahanan,” ujar Kapolda Banten, beberapa hari lalu.

Selain melihat kondisi bangunan rumah tahanan kepolisian Polres Serang, Kapolda juga memeriksa kondisi kesehatan para tahanan serta kebersihan ruang tahanan. Mantan Gubernur Akpol juga menyarankan agar di ruang besuk tahanan agar diberikan kaca pembatas yang tebal, layaknya ruang loket layanan.

“Di ruang besuk, perlu juga dibuatkan kaca pembatas yang tebal, layaknya ruang loket layanan, agar petugas jaga tahanan selalu waspada menjaga tahanan,” pinta Jenderal bintang dua ini.

Berbeda dengan para Kapolda pendahulunya, kedatangan Jenderal alumni Akpol 1987 ke Mapolres Serang ini tidak menggunakan kendaraan dinas, melainkan dengan bersepeda. Kedatangan Irjen Pol Fiandar beserta rombongan disambut Kapolres Serang AKBP Mariyono berserta sejumlah pejabat utama Polres Serang.

Sebelum mengecek bangunan serta kondisi para tahanan, setiba di Mapolres Serang, Kapolda terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kamera  CCTV di lingkungan Mako Polres Serang, baik didepan penjagaan,  ruang tahanan, halaman, parkir dan di ruang loby Polres Serang.

Ketika dikonfirmasi terkait arahan Kapolda, Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan akan menindaklanjuti sesuai arahan Kapolda Banten. Kapolres pun memastikan bahwa saat ini seluruh pelayanan di Mapolres Serang berjalan dengan baik dan sesuai protokol kesehatan.

“Kami akan tindaklanjuti dan dipastikan seluruh pelayanan di Mapolres Serang berjalan dengan baik dan sesuai protokol kesehatan,” tandas Kapolres. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini