Beranda Peristiwa Antisipasi Membludaknya Kendaraan Arus Mudik 2023, Polda Banten Siapkan Pelabuhan Ciwandan dan...

Antisipasi Membludaknya Kendaraan Arus Mudik 2023, Polda Banten Siapkan Pelabuhan Ciwandan dan Merak

SERANG – Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono mengatakan, dalam menghadapi arus mudik lebaran 2023, pihaknya telah menyiapkan dua pelabuhan yang dioperasikan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan strategi delaying system di dua rest area. Dua pelabuhan itu yakni Pelabuhan Ciwandan dan Merak.

“Terdapat dua pelabuhan yang dioperasikan dalam mudik tahun 2023 yaitu pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan Merak,” kata Dedi pada Sabtu (8/4/2023).

Dedi menjelaskan di Pelabuhan Ciwandan, pelayanan kendaraan roda dua pada periode H-7 sampai H-1 dilayani dari Ciwandan – Bakaheuni. Kemudian pada periode H-3 sampai H-1 dari Ciwandan – Panjang.

Pelayanan Truk Golongan V B pada periode H-4 sampai H-1 akan dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan dan pelayanan truk Golongan VI B periode H-7 sampai H-1 dilayani melalui pelabuhan Ciwandan.

“Untuk pelabuhan Merak khusus kendaraan roda empat dan bus tujuan Sumatra untuk arus mudik dan balik ke Pelabuhan Merak, dan untuk truk Golongan V B periode H-7 sampai H-5 dilayani melalui Pelabuhan Merak,” terang Dedi.

Dedi menjelaskan guna mengantisipasi membludaknya kendaraan, terdapat beberapa jalur alternatif menuju pelabuhan Ciwandan atau Merak yaitu Jalan Lingkar Selatan (JLS).

“Guna mengantisipasi penumpukan kendaraan terdapat beberapa jalur alternatif menuju Pelabuhan Merak yaitu Jalan Lingkar Selatan menjadi opsi jalur alternatif menuju Pelabuhan Merak atau Ciwandan,” kata Dedi.

Dedi menambahkan terdapat Strategi Delaying System yang diberlakukan pada dua rest area yaitu di KM 43 Tol Jakarta-Merak dan KM 68 serta akan disiapkan Buffer Zone di KM 97.

“Dan untuk pelabuhan Indahkiat akan difungsikan sebagai alternatif atau contigency plan jika diperlukan,” tutup Dedi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini