Beranda Pemerintahan Antisipasi Kenaikan Komoditas Bahan Pokok, Pemprov Perkuat Tim Satgas Ketahanan Pangan di...

Antisipasi Kenaikan Komoditas Bahan Pokok, Pemprov Perkuat Tim Satgas Ketahanan Pangan di Banten

Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti didampingi Kepala Dinas Ketapang Provinsi Banten Aan Muawanah memimpin rakor Satgas Pangan.

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berupaya menjaga stabilitas bahan pokok. Salah satunya dengan melakukan penguatam Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Satgas Ketahanan Pangan tahun 2023di Aula Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Provinsi Banten, Senin (13/06/2023).

Plh Sekda Provinsi Banten yang juga Ketua Tim Satgas Ketahanan Pangan, Virgojanti mengatakan, rakor tersebut bertujuan untuk menghasilkan satu upaya rekomendasi rencana aksi untuk menangani ketersediaan pangan di Provinsi. Di mana kegiatan ini bagian dari upaya Pemprov Banten dalam menangani permasalahan pangan di daerah melalui kolaborasi.

“Tentunya kegiatan ini diikuti oleh OPD Perwakilan Kabupaten/Kota yang memiliki hubungan dengan pengendalian pangan, dalam penanganan kita dilakukan dengan kolaborasi agar ketersediaan pangan tetap stabil,” kata Virgo.

Dengan beberapa komoditas yang terus mengalami kenaikan secara fluktuatif, lanjut Virgo, hal tersebut perlu diantisipasi dengan memetakan langkah-langkah yang harus di perhatikan bersama.

“Di sini tim satgas ketapang juga belajar untuk memetakan memitigasi, memonitoring dalam mengendalikan pangan melalui langkah-langkah strategis yang bisa menyelesaikan permasalahan pangan di wilayah Provinsi Banten,” katanya.

Virgo menyampaikan, antisipasi yang akan dilakukan oleh tim satgas pangan Provinsi Banten salah satunya kesiapan pengendalian ketersediaan dalam menghadapi cuaca ekstrem yang mampu mengganggu ketersediaan pangan.

“Menghadapi itu kita juga perlu kesiapsiagaan dalam mempertahankan ketahanan pangan di suatu wilayah sehingga jika kita berada di cuaca ekstrem dan memasuki masa panen kita selalu siaga,” ucapnya.

Virgo juga berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan ini mampu memberikan koordinasi dalam pengendalian pangan yang merata di berbagai daerah Provinsi Banten.

“Saya juga ingin teman-teman satgas ini tidak hanya mengetahui pemicu kenaikakan harga atau ketersediaan pangan yang terbatas. Namun juga mampu mengendalikan hal tersebut sesuai dengan kemampuan di daerahnya masing-masing,” ujarnya

Dalam kesemptan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah menyampaikan, Rakor Satgas ini merupakan sebuah aksi nyata dari tim pengendalian inflasi melalui tim satgas pangan yang memiliki tujuan untuk menstabilkan ketersediaan bahan pangan demi stabilnya inflasi daerah.

“Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan dan menciptakan upaya strategis untuk memantapkan aksi nyata melalui pengendalian ketersediaan pangan,” ungkapnya.

Melalui gerakan pasar murah yang terus dioptimalkan, Aan menyampaikan melalui rakor ini Pemerintah Pusat dan Daerah diharapkan mampu meningkatkan koordinasi dengan berbagai mitra seperti petani yang nantinya bisa memantau harga pangan langsung dari produsen.

“Dengan mengetahui bagaimana ketersediaan pangan di daerah kita juga harus terus melakukan koordinasi dengan para mitra pangan sehingga bisa melakukan antisipasi,” jelasnya.

Dengan upaya yang terus dikolaborasikan, Aan berharap mampu meningkatkan kemampuan Pemerintah Pusat dan daerah dalam mensejahterakan masyarakat dalam mengakses pangan.

“Dengan fokus yang seiring dan selaras kita harap mampu mempermudah akses dalam melayani masyarakat dalam hal pangan, sehingga kesejahteraan masyarakat Banten bisa terus meningkat,” pungkasnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini