Beranda Bisnis Antisipasi Kemecetan Mudik Lebaran 2019, Gardu Tol Tangerang-Merak Ditambah

Antisipasi Kemecetan Mudik Lebaran 2019, Gardu Tol Tangerang-Merak Ditambah

163
0
Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Krist Ade Sudiyono didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan saat menggelar konferensi pers.

SERANG – ASTRA Tol Tangerang-Merak siap mengoptimalkan berbagai program layanan lebaran kepada pengguna jalan tol dalam menghadapi arus mudik dan balik serta liburan Lebaran 1440 H/2019. Optimalisasi layanan dan informasi ini bersinergi dengan Inspirasi Mudik Lebaran 2019 ASTRA Infra di Trans Jawa diantaranya melalui kegiatan Press Conference ASTRA Tol Tangerang-Merak di salah satu hotel di Cikande Serang, Selasa (14/5/2019).

Dalam kesempatan ini, selain Direksi PT Marga Mandalasakti, turut hadir perwakilan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kepolisian Daerah Banten, Dinas Perhubungan Provinsi Banten dan Direktorat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten sebagai narasumber.

ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi peningkatan volume lalu lintas pada periode arus mudik tahun ini sebesar 15,69% dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2018. Diprediksi akan ada 173.900 kendaraan melintasi Tol Tangerang-Merak di hari puncak arus mudik yaitu pada H-S.

Hal ini meningkat dari 162.900 kendaraan di puncak mudik tahun lalu, serta mengalami peningkatan sebesar 19,396 bila dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian saat ini yang berada di kisaran 145.749 kendaraan. Total arus kendaraan periode H-7 s.d H+7 lebaran adalah sebanyak 2 juta lebih kendaraan dengan puncak arus mudik pada H-5 dan H-3 lebaran serta arus wisata HH sampai dengan H+3. Sedangkan puncak arus balik pada H+3 tepatnya pada 9 Juni 2019.

Dalam inspirasi Mudik Lebaran 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak telah menyiapkan berbagai peningkatan layanan baik dari sisi operasional yang mencakup kegiatan transaksi tol dan manajemen lalu lintas, layanan peningkatan infrastruktur terhadap kualitas jalan serta layanan pendukung terkait fasilitas dan kesiapan tempat istirahat dan Pelayanan termasuk ketersediaan layanan uang elektronik.

Peningkatan layanan tersebut senantiasa dikomunikasikan dalam berbagai kesempatan kegiatan dan media sosialisasi informasi.

“Sebagai wujud optimalisasi layanan ASTRA Tol Tangerang-Merak yang merupakan titik nol dari Tol Trans Jawa, kami telah menyiapkan lajur ke tiga Ruas Balaraja Barat sampai dengan Cikande. Sebelumnya kami telah operasikan lajur ke 4 Ruas Cikupa sampai dengan Balaraja Barat yang sudah dinikmati para pemudik dan para pengguna jalan tol yang akan berwisata ke Banten”, jelas Presiden Direktur PT ASTRA Tol Tangerang-Merak, Krist Ade Sudiyono.

Untuk mengantisipasi kepadatan volume lalu lintas, peningkatan kapasitas transaksi dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak dengan pemasangan Gardu Transaksi Otomatis (GTO) sebanyak 15 unit gardu entrance, 11 unit pada gardu exit, dan 3 unit GTO pada gardu ramp sehingga total GTO menjadi 29 unit. Untuk menambah kenyamanan pengguna jalan saat bertransaksi ASTRA Tol Tangerang-Merak Juga telah menyiapkan penambahan 2 lajur transaksi exit pada Gerbang Tol Serang Timur dan Merak yang siap beroperasi pada H-10 Lebaran.

”Melihat tren libur lebaran dari tahun sebelumnya yang dimanfaatkan oleh pengguna jalan sebagai sarana untuk bewisata, tentunya kami mengajak pengguna jalan melalui tagar #AyoKeBanten dan #BantenBangklt untuk bersilaturahmi mengunjungi kerabat dan mengeksplore wisata serta keindahan alam Banten” jelas Krist.

ASTRA Tol Tangerang-Merak telah menyiapkan manajemen lalu lintas jika ten’adi kepadataan volume Ia|u lintas selama arus mudik dan balik Lebaran me|a|ui skema pengaturan Ialu lintas, antara lain:

1. Antrean Merak: Penampungan kendaraan di jalan Cikuasa, Himbauan istirahat di TIP KM 43 dan 68 arah Merak dan dialihkan ke Gerbang CiIegon Barat. 2. Antrean Gerbang Cilegon Timur: dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat. _ 3. Antrean Gerbang Serang Timur: dialihkan ke Gerbang Serang Barat. 4. Antrean Gerbang Merak: dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat atau Cilegon Timur dan pengaturan satu arah (one way). .

Mendukung libur lebaran sekaligus libur wisata Banten, ASTRA Tol Tangerang-Merak melakukan peningkatan layanan informasi untuk membantu pengguna jalan melalui 21 unit Variable Message Sign (VMS) dan 2 unit VMS mobile. Selain itu petugas Sentra |nformasi Komunikasi (SIK) ASTRA Tol Tangerang-Merak pun selalu siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan terbaik melalui call center di (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79.

Layanan Inspirasi Mudik Lebaran 2019 ini, ASTRA Tol Tangerang-Merak menambah 16 unit warning light yang semula 77 unit menjadi 93 unit. Tersedia 1.666 Penerangan Jalan Umum (PJU) yang siap_memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan saat berkendara di malam hari. Serta Kamera pantau atau CCTV sebanyak 134 unit yang terpasang per 1 kilometer di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak siap memonitor kondisi lalu !intas Tol TangerangMerak.

Sebagai |ayanan penunjang, ASTRA Tol Tangerang-Merak mengoptimalisasikan layanan di 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 68 dan KM 45 arah Jakarta, serta TIP KM 43 dan KM 68 arah Merak. Di antaranya posko kesehatan yang dimulai dari H-7 sampai dengan H+7 libur lebaran yang berlokasi di TIP KM 68 arah Jakarta dan KM 68 arah Merak dengan bekerja sama dengan petugas medis Dompet Duafa di KM 68 arah Merak dan petugas kesehatan yang bertugas melayani pemeriksaan kesehatan gratis selama libur lebaran di KM 68 arah Jakarta. Kemudian layanan bengkel gratis dari Astra World yang berada di TlP KM 45 arah Jakarta.

Demi menjaga kelancaran dalam bertransaksi, dihimbau untuk selalu memperhatikan jumlah saldo yang mencukupi dan tetap menggunakan kartu uang elektronik yang sama pada saat bertransaksi di gerbang masuk dan keluar Jalan Tol Tangerang-Merak.
Adapun lokasi top up non tunai uang elektronik berada di ATM Center di 4 TIP, maupun gerai merchant yang ada. Dalam kondisi darurat top up non tunai juga ada di seluruh Kantor Gerbang Tol ruas Tol Tangerang-Merak dan lokasi top up tunai berada di Gerbang Cikupa 2 dan Gerbang Serang Timur. (Dhe/Red)