Beranda Pemerintahan Antisipasi Genangan, Pemkot Serang Akan Normalisasi Drainase

Antisipasi Genangan, Pemkot Serang Akan Normalisasi Drainase

Walikota Serang Syafrudin saat meninjau kondisi drainase. (Ade/bantennews)

SERANG – Guna mengantisipasi terjadi genangan air di beberapa titik rawan banjir, Pemkot Serang akan menormalisasi sejumlah drainase. Hal itu dikatakan Kabid Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) Kota Serang Iwan Sunardi, Jumat (25/1/2019).

“Normalisasi akan dilakukan mulai minggu depan, dan yang akan kami normalisasi hanya titik yang jadi kewenangan Pemkot Serang, selebihnya kewenangan Provinsi dan Nasional. Meskipun begitu kami akan kirim surat ke provinsi untuk ditindaklanjuti terkait drainase yang jadi kewenangannya,” ujarnya.

Selain berkoordinasi dengan Pemprov Banten, Pemkot Serang sudah berkoordinasi dengan Astra Tol agar melakukan hal yang sama untuk mendukung normalisasi lebih baik. Normalisasi drainase ini harus sinergis antara Pemkot Serang, Pemprov Banten dan pihak Astra Tol.

“Titik yang dinormalisasi di antaranya belakang Kelurahan Cimuncang, Komplek Untirta, Trowongan Trondol, Perumahan Bumi Agung Permai, Cilame, Jalan Samaun Bakri Pasar Rau, Cigabus. Titik tersebut akan kami normalisasi dan mengganti kontruksi dengan beton,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Serang Safrudin mengimbau agar warga Kota Serang dapat menjaga lingkungannya dengan baik. Jaga kebersihan lingkungan sekitar sehingga saat hujan deras tidak terjadi banjir atau genangan air.

“Masyarakat harus menyadari, kita harus bersama menjaga agar selokan dan irigasi -irigasi yang ada di Kota Serang bersih dan tidak mampet. Supaya selokan tidak mampet, jangan buang sampah sembarangan,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini