Beranda Pemerintahan Antisipasi Cuaca Ekstrem, Walikota Minta Jajaran OPD Tangerang Siaga Bencana

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Walikota Minta Jajaran OPD Tangerang Siaga Bencana

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah

TANGERANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tangerang memperkirakan bahwa cuaca ekstrem tengah melanda wilayah Banten tak terkecuali Kota Tangerang.

Guna mengantisipasi cuaca ekstrem, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah melakukan rapat koordinasi bersama seluruh Camat, Lurah dan OPD teknis membahas langkah antisipasi bencana dalam menanggulangi dampak dari cuaca ekstrim di Kota Tangerang.

“Infonya cuaca ekstrem diperkirakan sampai tanggal 9 Desember 2021,” ungkap Arief dalam Rapat Koordinasi kewilayahan secara daring, Selasa (7/12/2021).

Dalam kesempatannya, Arief menginstruksikan Camat dan Lurah yang berada di wilayah untuk siap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrim.

“Kerahkan personel, cek saluran – saluran yang berada di lingkungan, permasalahan genangan biasanya dari sumbatan – sumbatan sampah pada saluran. Kalau menemukan saluran yang tersumbat dan sebagainya langsung kerjakan dahulu, apabila butuh bantuan petugas kebersihan atau Pekerjaan umum segera laporkan,” tegas Arief dalam keterangannya.

Arief juga menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang untuk memonitoring infrastruktur yang tersebar di Kota Tangerang sebagai langkah antisipasi banjir atau genangan.

“Cek alat – alat yang sudah stanby terus lakukan pemantauan, jangan sampai jika waktu dibutuhkan sulit untuk dioperasionalkan seperti pompa air dan sebagainya,” imbuhnya

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin juga menyampaikan Camat dan Lurah sebagai kepala wilayah harus siap apabila ada kejadian bencana di wilayahnya.

“Camat Lurah harus sigap karena sebagai ujung tombak, selain genangan dan banjir perhatikan juga pohon tumbang, cek kondisinya apabila diperkirakan harus dipangkas lakukan pemangkasan sebagai langkah antisipasi,” kata Sachrudin.

(Ril/Red)
 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini