Beranda Peristiwa Antisipasi Bencana, PMI Kota Tangerang Gelar Simulasi Kebakaran

Antisipasi Bencana, PMI Kota Tangerang Gelar Simulasi Kebakaran

PMI Kota Tangerang Gelar Simulasi Kebakaran - foto istimewa

TANGERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang berkolaborasi dengan BPBD Kota Tangerang unit pemadam kebakaran hingga unsur TNI dan Polri menggelar simulasi kebakaran, di Gedung Laboratorium UDD, Batuceper, Kota Tangerang, Jumat (11/2/22).

Simulasi dilakukan senyata mungkin, diawali dengan bunyi sirene yang menandakan terjadinya bencana. Tak terkecuali, suara himbauan anggota agar masyarakat atau orang-orang yang ada disekitar bencana tidak terjadi kepanikan. Proses penanganan dilakukan sesuai SOP evakuasi kebencanaan.

Proses penangangan simulasi evakuasi bencana kebakaran, berjalan dengan singkat kurang lebih 45 menit. Personil BPBD unit pemadam kebakaran terlihat memadamkan kobaran api.

Kemudian disusul anggota PMI yang melakukan evakuasi korban dari lantai dua dengan menggunakan tali pengaman. Selanjutnya, korban segera dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ambulans milik PMI Kota Tangerang.

Wakil Ketua Bidang Pencitraan dan Kerjasama, PMI Kota Tangerang, Husbeni Gonzala mengungkapkan pelaksanaan simulasi ditujukan untuk memenuhi salah satu persyaratakan akreditasi BPOM dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

“Melalui kegiatan ini, juga ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para anggota PMI dalam penanggulangan kebencanaan. Terutama kebakaran untuk tetap terjaga dan terus meningkat sederet skill penanganan,” kata Husbeni dalam keterangannya.

Sementara itu, kata Husbeni saat proses latihan petugas PMI dan BPBD juga melakukan komuniasi atau pendekatan kepada warga sekitar. Hal ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat terkait pemadaman secara tradisional. Seperti menggunakan karung goni, pasir dan lumpur.

“Dengan begitu, diharapkan masyarakat setempat dapat melakukan pemadaman dengan penanganan pertama sambil menunggu petugas datang. Sehingga, memungkinkan untuk meminimalisir api yang semakin besar, korban yang semakin banyak, atau kerugian yang lebih banyak,” katanya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini