Beranda Peristiwa Antisipasi Banjir, Pohon di Bantaran Kali Sabi Kota Tangerang Dipangkas

Antisipasi Banjir, Pohon di Bantaran Kali Sabi Kota Tangerang Dipangkas

Kali Sabi Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Pemangkasan tanaman atau pohon merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui OPD terkait. Terlebih, memasuki musim penghujan pemangkasan dilakukan secara intensif. Tak hanya pada pohon di tepi jalan, namun pemangkasan juga dilakukan di sejumlah bantaran kali yang dimiliki Kota Tangerang.

Kali ini, melalui Tim Pemeliharaan Taman, Disbudpar melakukan pemangkasan dan perapihan di Bantaran Kali Sabi bersama jajaran Dinas PUPR, Kamis (24/11/2022).

Kabid Pertamanan dan Dekorasi Kota pada DPUPR Kota Tangerang, Indri Suryani mengungkapkan dalam giat kali ini menurunkan 16 petugas dengan melakukan pemangkasan dan perapihan bantaran Kali Sabi, serta pengangkutan sampah.

“Ini sudah memasuki musim penghujan, pemangkasan atau perapihan dilakukan lebih rutin lagi. Langkah ini sebagai upaya melaksanakan Program Pengendalian Banjir dengan melakukan pembersihan wilayah bantaran kali. Pada saat musim penghujan, daun-daun tumbuh rimbun dan apabila terjadi hujan deras yang disertai angin kencang, seringkali terjadi pohon tumbang, hal inilah yang kita antisipasi,” ungkap Indri.

Ia pun menuturkan, dalam giat ini Tim Pemeliharaan Taman juga telah melakukan pemangkasan dan perapihan di Kali Angke, Kali Sipon, dan Kali Sabi.

Namun, selain petugas yang diturunkan, Indri juga berharap pengawasan dan pemeliharaan lingkungan kali juga hadir dari masyarakat Kota Tangerang khususnya di sekitar kali tersebut.

“Bisa dipastikan, semakin banyak pihak yang peduli dan bergerak, maka lingkungan akan lebih terjaga, dan antisipasi akan cuaca buruk bisa lebih dikendalikan. Ayo jaga kebersihan lingkungan kita, jaga kelestarian kali atau sungai kita, untuk keindahan dan kenyamanan kita juga,” kata Indri.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini