Beranda Uncategorized Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Lebak Bersihkan Drainase

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Lebak Bersihkan Drainase

Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak membersihkan salah satu drainase.

LEBAK- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak membersihkan saluran drainase di enam titik. Hal itu untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi setelah hujan deras.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Lebak, Hamdan Soleh, mengatakan, jika keenam titik tersebut diantaranya Jalan RT Hardiwinangun, Jalan Sunan Giri, Jalan Multatuli, Jalan Ki Maklum (Gang Kibun), Jalan Sunan Bonang, Jalan RA Kartini, dan di Jalan Letnan Muharam.

“Pembersihan sampah yang berada di drainase tersebut lantaran sering terjadi banjir akibat sampah yang menumpuk didalam drainase,” kata Hamdan saat dihubungi, (03/9/2022).

Ia menjelaskan, normalisasi dan pengerukan lumpur tersebut sebagai bentuk mengembalikan fungsi dari drainase sebagai saluran air, sehingga tidak terjadi genangan air atau banjir pada jalan. Saat dilakukan pembersihan, lumpur dan sampah di angkut oleh belasan truk yang disediakan olah petugas di lapangan.

“Total sampah yang sudah diangkut mencapai 11 truk, karena banyaknya sampah dan lumpur yang dibersihkan,” ujarnya.

Hamdan menambahkan, selain pembersihan drainase, kita juga melakukan normalisasi pasca banjir di bulan September 2022 kemarin.

“Untuk normalisasi dilakukan di 6 titik jalan seluruh jaringan saluran air dalam kota yang rawan sekali terjadi genangan pasca diguyur hujan,” ujarnya.

Ia menambahkan, normalisasi akan terus dilakukan di seluruh Kota Rangkasbitung yang sering terjadi banjir jika hujan datang.

“Dengan normalisasi ini mudah-mudahan bisa mengurangi banjir di wilayah Rangkasbitung,” ucapnya. (San/Red)