Beranda Pemilu 2024 Anies Dikabarkan Bakal Umumkan Cawapresnya Sehabis Pulang Ibadah Haji

Anies Dikabarkan Bakal Umumkan Cawapresnya Sehabis Pulang Ibadah Haji

Anies Baswedan - foto istimewa Kompas.com

JAKARTA – Publik segera mendapatkan jawaban atas teka-teki siapa sosok cawapres Anies Baswedan.

Adapun Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung eks Gubernur DKI Jakarta tersebut sebagai capres membaca gerak-gerik bahwa Anies akan segera mengumumkan ‘jodohnya’ tersebut sehabis pulang dari ibadah haji ke Tanah Suci.

Wacana tersebut terbaca usai Tim 8 atau tim kecil bentukan partai-partai di Koalisi Perubahan menggelar rapat pada Rabu (21/6/2023) di Sekretariat KPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Perwakilan dari NasDem dihadiri oleh Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya, dari Demokrat ada Teuku Riefky Harsya, dan dari PKS ada Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.

Juru Bicara Anies, Sudirman Said mengungkap bahwa melalui rapat tersebut, dipastikan kuat bahwa Anies sudah mengantongi satu nama pasti.

Sudirman membaca pikiran Anies bahwa ia akan mengumumkan cawapresnya seusai tiba di Tanah Air sehabis pulang haji.

Terkaan tersebut disampaikan Sudirman di Sekretariat KPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023). Said kala itu juga menegaskan, walaupun belum diputuskan tanggalnya, Koalisi Perubahan harus mengidentifikasi tempat, acaranya bagaimana, serta hal-hal teknis untuk mengumumkan cawapres Anies.

Sayangnya, Sudirman enggan membeberkan lebih lanjut siapa nama yang dikantongi oleh Anies. Sebab, Sudirman menilai bahwa ada kekuatan di balik misteri dan dirinya lebih memilih nama tersebut menjadi teka-teki di tengah-tengah publik.

Wacana Anies umumkan cawapresnya selepas pulang ibadah haji juga turut dibocorkan oleh Sugeng Suparwoto.

Sugeng juga menegaskan pihaknya tengah mempersiapkan kedatangan Anies dari ibadah haji sekaligus terkait pengumuman sosok cawapres tersebut.

Selain Sudirman dan Sugeng, perwakilan Demokrat yakni Teuku Riefly mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan seluruh anggota koalisi dan relawan Anies Baswedan.

Menebak cawapres Anies: Inisial A?

Selepas rapat Tim 8 tersebut, para politisi yang tergabung di partai anggota Koalisi Perubahan turut memberikan beberapa bocoran.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memberikan tebakan kuat tiga nama yang memungkinkan jadi cawapres Anies yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan (Aher), dan Khofifah Indar Parawansa.

Sempat beredar isu bahwa cawapres Anies tersebut berinisial A. Berkaca dari isu tersebut, maka opsi yang tersisa adalah Ahmad Heryawan dan AHY yang menjadi kandidat kuat Anies.

Ahmad Heryawan didorong oleh PKS yang merupakan anggota Koalisi Perubahan untuk menjadi cawapres Anies. Namun, ada sosok AHY yang tak mau kalah dan punya peluang besar dan membawa tiket emas menjadi cawapres Anies lantaran ia merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ