Beranda Pemilu 2024 Anies Didesak Segera Deklarasikan Cawapres, Demokrat : Supaya Cukup Waktu Susun Langkah

Anies Didesak Segera Deklarasikan Cawapres, Demokrat : Supaya Cukup Waktu Susun Langkah

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan calon presiden (capres) Anies Baswedan - foto istimewa suara.com

JAKARTA – Anies Baswedan didesak segera mendeklarasikan bakal calon wakil presiden untuk mendampinginya di Pilpres 2024. Desakan untuk mengumumkan bakal cawapres Anies itu disampaikan oleh partai Demokrat.

Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan Anies tidak perlu menunggu di akhir waktu atau last minute untuk mengumumkan bakal cawapresnya.

“Demokrat selalu mengingatkan kepada koalisi, kepada Mas Anies, ayo kita deklarasikan lebih awal,” kata Herman kepada wartawan di Kompleks DPR-MPR RI Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Menurut Herman, deklarasi pasangan capres dan cawapres lebih awal itu bisa memberikan dampak positif. Terlebih untuk mempersiapkan strategi dan lankah ke depan mengenai program kerja dan visi misi.

“Supaya cukup waktu. Kita butuh waktu untuk duduk bersama, menyusun kemudian gimana langkah-langkah untuk juga gimana ke masyarakat kalau terpilih, apa yang semestinya dilakukan oleh capres dan cawapres,” ujar Herman.

Anies Sudah Kantongi Nama

Koalisi Perubahan untuk Persatuan memastikan satu nama calon wakil presiden sudah ada di kantong Anies Baswedan. Kekinian tinggal menunggu momentum bagi Anies mengumumkan siapa sosok pendampingnya.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ,Teuku Riefky Harsya mengatakan sesuai piagam Koalisi Perubahan, ketiga partai sudah menyerahkan keputusan cawapres kepada Anies. Tim 8, lanjut dia, juga telah memberikan pertimbangan dan simulasi nama-nama cawapres, termasuk usulan momentum untuk diumumkannya.

“Satu nama sudah di kantong capres bukan gimmick, on progress,” kata Teuku kepada wartawan, Selasa (13/6/2023).

Hal senada disampaikan Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto.

“Sekarang satu nama sudah di kantongnya Pak Anies kok,” kata Sugeng di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Kendati satu nama sudah di kantong, Koalisi Perubahan menyerahkan kepada Anies soal kapan waktu yang tepat untuk melakukan deklarasi.

“Bahwa akan diumumkan kapan, dan sebagainya dan sebagainya, kami mempercayakan sepenuhnya kepada Pak Anies. Kapan mengumumkannya, mencari hari dan tanggal yang baik, ada Jumat Kliwon, Rebo Pahing, Pon, Wage, Kliwon, kan biasanya gitu,” kata Sugeng. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini