Beranda Politik Anies dan Cak Imin Jadi Pasangan Pertama Daftar KPU RI

Anies dan Cak Imin Jadi Pasangan Pertama Daftar KPU RI

Tangkapan layar pasangan Bakal Calon Presiden-Wakil Presiden Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar saat daftar di KPU RI.

SERANG – Pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Anies R. Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) secara resmi mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (19/10/2023). Pasangan tersebut menjadi pasangan pertama yang mendaftar di KPU untuk kontestasi Pilpres 2024.

Berdasarkan pantauan melalui chanel youtube KPU RI, pasangan Anies-Cak Imin datang ke KPU sekira pukul 10.30 WIB, dengan dikawal ribuan kader dan simpatisan partai. Pasangan itu juga tampak kompak dengan menenakan kemeja putih celana hitam serta peci.

Dalam tayangan youtube secara live itu juga tampak sejumlah petinggi partai pengusung Anies-Cak Imin juga ikut mendampingi, pimpinan partai yang tergabung dalam koalisi perubahan diantaranya, Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh, Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Assegaf Al Jufri dan petinggi PKB.

Sebelum memasuki gedung, rombongan Anies-Cak Imin disambut Sekjen KPU RI Bernard DS sekaligus mengalungkan syal kepada pasangan tersebut untuk selanjutnya menuju dalam gedung.

Dalam sambutannya Ketua Koalisi Perubahan, Surya Paloh mengatakan, pihaknya berkeyakinan jika Pemiku 2024 akan berlangsung tertib.

“Kami punya keyakinan dan harapan sepenubnya dan doa kita bersama bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung tertib, tenang diikuti partisipasi publik yang lebih hebat. Kami juga berharap dan berkeyakinan KPU menempatkan profesionalisme, kejujuran, berkeadilan bukan hanya pada peserta pemilu tapi juga koalisi perubahan,” kata Surya.

Surya juga menegaskan, dalam Pemilu 2024 Koalisi Perubahan bukan hanya bertekad memenangkan pemilu, tapi juga mampu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

“Harus bisa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa ini dengan tetap memiliki antusiasme, keyakinan sebagai anak bangsa tidak terpecah belah oleh Pemilu. Kita yakin ini tercapai dan KPU bisa berdiri tegak di atas kepentingan kelompok, folonhan dan partai politik peserta pemilu,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bakal calon Presiden Anies R Baswedan memberikan apresiasi kepada KPU RI yang telah memberikan bibingan sehingga pasangan AMIN bisa menyerahkan dokumen dengan lengkap.

Menurut Anies, pasangan AMIN membawa misi besar dalam membawa gagasan perubahan.

“Kita ingin kebutuhan pokok terjangkau, petani, nelayan oetetnak sejahtera. Kami ingin ada kesetaraan kesempatan dalam mendapaykan pendidikan, kesehatan. Karena gagasan koalisi perubahan menghadirikam kesetaraan dan keadilan,” kata Anies.

Sementara, Ketua KPU RI Hasyim As’ari memastikan secara administratif dokumen yang diseharkan pasangan Anies-Muhaimin dinyatakan lengkap. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan verifikasi dokumen.

“Ukurannya (verifikasi dokumen) sah atau belum sah. Kalau ada yang belum (lengkap) nanti ada waktu perbaikan. Kita juga akan menyerahkan surat pengantar untuk tes kesehatan yang nanti dilakukan di RPAD Gatot Subroto pada Sabtu 21 Oktober 2021,” katanya.

Berdasarkan informasi, hari pertama pendaftaran Bakal Calon Presiden dan wakil Presiden pada pemilu 2024 akan ada dua pasangan yang mendaftar, pertama pasangan Anies R Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasamgan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini