Beranda Nasional Angka Penerima PKH di Kota Serang Masih Tinggi

Angka Penerima PKH di Kota Serang Masih Tinggi

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

SERANG – Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Serang sejak tahun lalu belum ada perubahan yang signifikan. Bahkan, angkanya masih sama seperti di tahun lalu, yakni 9.603 penerima PKH.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Dinar Tri Cahyani, pada Forum Sosialisasi Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH), di Gedung BWD Cahaya Jl Ayip Usman Cikepuh Kota Serang, Kamis (28/3/2019).

“Tahun lalu 9.603 penerima dana PKH di Kota Serang. Di tahun ini pun masih dengan angka yang sama, yaitu 9.603 PKH. Rencananya akan cair di awal bulan April nanti,” ujarnya.

Tentu saja, dengan angka penerima dana PKH yang sama sekali tidak mengalami penurunan, ini menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan di Kota Serang masih cukup banyak.

Hal ini juga disebabkan karena kurangnya sosialisasi pemerintah melalui dinas terkait kepada masyarakat. Bahkan, sejak tahun 2007 berjalan, program PKH ini belum bisa optimal. “Terdapat sembilan ribuan penerima dana PKH secara bertahap di Kota Serang,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, tidak adanya penurunan penerima dana PKH menjadi tolak ukur kemiskinan yang ada di Kota Serang. Maka, dirinya pun berharap di tahun 2019 ini penerima dana PKH tepat sasaran, sehingga dapat berkurang.

“Saya ingin di tahun ini penerima dana PKH tepat sasaran semuanya. Kemudian, dengan adanya forum ini masyarakat dan pemerintah bisa saling bersinergi. Sehingga, PKH mengalami penurunan yang signifikan,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga mengatakan, sosialisasi program PKH ini harus digalakkan dan diadakan secara rutin. “Untuk itu sosialisasi tentang program PKH ini harus digalakkan kepada para penerima. Tujuannya agar tidak bergantung pada bantuan ini terus menerus,” ucapnya.

Tepat sasaran yang dimaksud Wakil Wali Kota adalah, yang sesuai dengan kriteria penerima. Sehingga, dana tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan digunakan untuk kebutuhan keluarga.

“Setiap Kepala Keluarga (KK) mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta sampai Rp7 juta. Sesuai kebutuhannya, seperti kebutuhan pendidikan, ibu hamil, ibu menyusui dan yang memiliki anak usia sekolah,” ujarnya.

Tujuan utama dari program dana bantuan PKH ini adalah untuk memutuskan angka kemiskinan yang ada di Kota Serang. Sehingga masyarakat Kota Serang dapat hidup layak dan sejahtera. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini