Beranda Hukum Angka Kecelakaan Tinggi, Polres Pandeglang : Ini Penyebabnya

Angka Kecelakaan Tinggi, Polres Pandeglang : Ini Penyebabnya

Kasatlantas Polres Pandeglang AKP Tesyar Rhofadli Prayitno. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Satuan Lalu lintas Polres Pandeglang mencatat hingga Oktober 2018 ada sekitar 124 kasus kecelakaan yang menyebabkan 84 korban meninggal dunia, 3 luka berat dan 143 luka ringan. Jika dibandingkan tahun 2017 pada bulan yang sama ada 148 kasus kecelakaan, artinya menurun 24 kasus.

Kasatlantas Polres Pandeglang AKP Tesyar Rhofadli Prayitno mengatakan, ada empat faktor yang sering menyebabkan kecelakaan. Pertama karena manusianya, kedua karena kendaraannya, ketiga karena kondisi jalannya, terakhir karena hal-hal lain misalnya bencana longsor atau hujan disertai petir.

“Cuma yang paling sering itu karena faktor manusianya (pengendara), safety-nya kurang, kesiapan mengendarinya juga kurang, pengetahuan tentang rambu-rambu kurang. Baru yang kedua mungkin kendaraannya, seperti rem blong, spionnya ga ada,” katanya, Jumat (16/11/2018).

Dari keempat faktor yang sering menyebabkan kecelakaan, kata Tesyar, faktor manusia paling dominan memengaruhi banyaknya kasus kecelakaan. Hampir di setiap daerah faktor dari pengendara selalu berada di posisi pertama penyebab kecelakaan

“Setiap daerah kebanyakan faktor yang pertama yaitu manusianya,” imbuhnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini