Beranda Peristiwa Anggota KSB Harus Siaga Dalam Setiap Kondisi Kebencanaan

Anggota KSB Harus Siaga Dalam Setiap Kondisi Kebencanaan

Foto istimewa

PANDEGLANG – Seluruh anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Angsana telah menerima sertifikat penguatan dan pengukuhan yang ditandatangani oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Dengan begitu, dikatakan Ketua KSB Kabupaten Pandeglang Beni Madsira akan memotivasi para anggota KSB, karena seorang anggota KSB harus siap siaga dalam setiap kondisi.

Hal demikian dikatakan Beni Madsira seusai menerima sertifikat penguatan dan pengukuhan anggota KSB di Kecamatan Angsana, pada acara Kunjungan Kerja Bupati tahun 2020.

Dikatakan Beni, bencana itu bukan hanya banjir dan longsor saja, saat inipun pihaknya bersama anggora KSB harus sudah memitigasi ancaman terjadinya kekeringan.

“Ada beberapa daerah di wilayah Kecamatan Angsana yang sangat rawan terjadinya kekeringan di antaranya, Desa Kadubadak, Cipinang, Padamulya, dan Desa Karangsari,” terangnya melalui siaran tertulis, Minggu (9/8/2020).

Saat sudah terjadi kekeringan, diungkapkan Beni tentu dampaknya akan meluas di antaranya kerawanan terjadinya kebakaran.

“Untuk itu kami semua di KSB akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan, berhati – hati dalam pengelolaan tungku dan penggunaan listrik,” ujarnya.

Masih kata Beni menyampaikan bahwa tidak akan ada yang mengetahui kapan bencana itu akan terjadi, namun dengan mitigasi bencana tersebut dapat diminimlisir.

“Untuk penanggulangan jika terjadi bencana, sebagai ketua KSB, kami intens berkoordinasi dengan dinas terkait. Sebelum bantuan datang, kami juga memiliki cadangan peralatan dan logistik di gudang yang dapat digunakan,” pungkasnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi kinerja KSB yang membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Pandeglang.

“KSB dapat mensosialisasikan kepada masyarakat cara memitigasi bencana, sehingga meminimalisir risiko korban,” imbuhnya.

Selain itu, kata Irna hadirnya KSB akan menjadikan kampung menjadi tangguh karena dapat memitigasi bencana. “Kita tidak tau kapan bencana akan terjadi, untuk itu mitigasi bencana penting dilakukan,” tutup Irna.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ