Beranda Nasional Anggota DPR Pertanyakan Alasan Arab Saudi Larang Warganya Berkunjung ke Indonesia

Anggota DPR Pertanyakan Alasan Arab Saudi Larang Warganya Berkunjung ke Indonesia

Menlu Retno Marsudi. (Suara com)

JAKARTA – Anggota DPR RI, Nurul Arifin mempertanyakan kenapa Pemerintah Arab Saudi kepada warga negaranya berkunjung ke Indonesia.

“Pemerintahan Arab Saudi melarang warga negaranya masuk ke Indonesia, kenapa?” katanya dalam Rapat Kerja Komisi I DPR bersama Kementerian Luar Negeri di Kompleks Parlemen, Selasa (31/5/2022).

Dia juga mempertanyakan kenapa Indonesia masuk salah satu dari 16 negara yang dilarang oleh pemerintah Arab Saudi, sementara banyak warga negara Indonesia yang ingin ke Arab Saudi bahkan harus dibatasi jumlahnya.

“Ini perlakuan diskriminatif,” ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi pun menjawab pertanyaan itu. Menurutnya, pihaknya belum menerima tanggapan, mengapa Indonesia masuk di antara satu dari 16 negara yang dilarang.

“Setelah mendapatkan informasi itu, kami langsung bergerak, bertemu Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, dan saya sudah berkomunikasi langsung dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi,” jelas Retno.

Menurut dia, jika kebijakan itu terkait alasan situasi Covid-19, pihaknya telah memberikan dan menyampaikan data penanganan Covid-19 kepada pemerintah Arab Saudi.

Bahkan Retno berkeyakinan Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup baik dalam penanganan Covid-19 sampai saat ini.

“Ada rencana kunjungan Menlu Arab Saudi ke Indonesia awal bulan depan, ini merupakan kesempatan buat kami membahas isu tersebut,” katanya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini