Beranda Pemerintahan Anggota Dewan Minta Pemprov Bangun Monumen Perjuangan Pendirian Provinsi Banten

Anggota Dewan Minta Pemprov Bangun Monumen Perjuangan Pendirian Provinsi Banten

Fitron Nur Ikhsan (Iyus/bantennews)

SERANG – Anggota DPRD Banten dari Fraksi Golkar, Fitron Nur Ikhsan meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk membangun monumen perjuangan pendirian Provinsi Banten. Dirinya menilai, dengan adanya monumen iti, nilai historis semangat pendirian Provonsi Banten akan selalu dikenang oleh seluruh generasi.

“Monumen perjuangan Povinsi Banten yang diusulkan pendiri provinsi dalam sambutan HUT Banten ke-21 menjadi sesuatu yang penting. Kita sadari di usia ke 21 tahun ini, tokoh-tokoh muda yang dulu berjuang kini juga sudah terlihat tua. Dan yang dulu tokoh-tokoh senior ternyata sudah banyak yang meninggal. Lihat saja hari ini, dalam ruang paripurna sudah banyak yang makin sepuh,” ujar Fitron, Senin (4/10/2021).

Dirinya menilai, tanpa adanya perjuangan para tokoh Banten, mustahil Banten menjadi provinsi.

“Monumen ini tidak boleh terlambat. Sebab, jika tidak didevelop (mengembangkan, red) sekarang nanti bisa ahistoris. Makin lama makin sedikit mereka yang dulu terlibat dalam pembentukan Provinsi Banten. Bangsa yang tidak menghargai sejarah akan terasing karena kehilangan jati diri,” kata Fitron.

“Pencatatan pengkodifikasian proses sejarah bisa salah dijelaskan jika tidak disertai mereka yang terlibat,” sambungnya.

Menurut Fitron, ada banyak cara dalam membangun monumen tersebut. Karena monumen fisik saja tidak cukup.”Bentuknya bisa diorama juga. Sehingga bentuk bentuk warisan digital yang telah di olah dan dimoderenisasi secara visual akan lebih menarik dan sistematis. Sekarang saatnya, meski terlambat tapi sudah seharusnya,” ujarnya. (Mir/Red)