Beranda Pemerintahan Andika Sebut Kabupaten Lebak Berpeluang Masuk Calon Ibu Kota Negara

Andika Sebut Kabupaten Lebak Berpeluang Masuk Calon Ibu Kota Negara

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy - foto istimewa Facebook

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyatakan Kecamatan Maja di Kabupaten Lebak, masih berpeluang menjadi kandidat ibu kota negara.

Hal tersebut dia katakan Andika usai mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Negara, Senin (29/4/2019).

Dalam rapat tersebut, Andika mengatakan bahwa Maja masuk ke pembahasan untuk menjadi kandidat ibu kota negara, berdasarkan usul dari Pemprov Banten dengan pertimbangan wilayah yang luas dan juga berdekatan dengan DKI Jakarta.

“Ini baru tahap awal, nanti ada rapat terbatas selanjutnya untuk nanti menentukan (ibu kota). Jadi kita belum dapat arahan, tadi hanya baru pertimbangan-pertimbangan baik itu wilayah di pulau Jawa atau di luar pulau Jawa,” kata Andika dikutip dari kompas.com.

Andika mengatakan, Presiden Joko Widodo hingga saat ini masih melakukan sejumlah pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak mengenai lokasi ibu kota baru, seperti ketersediaan lahan, fasilitas penunjang, sumber daya manusia (SDM) dan juga anggaran.

Selain Maja di Banten, menurut Andika, beberapa wilayah juga masuk ke pembahasan calon ibu kota negara, seperti Jonggol di Jawa Barat, Palangkaraya di Kalimantan dan Mamuju di Sulawesi.

“Kami dari Pemprov Banten mengusulkan di wilayah Maja, Lebak. Mungkin nanti rapat selanjutnya sudah bisa melihat pemetaan potensi daerah mana yang memiliki fasilitas-fasilitas penunjang ibu kota,” ujar dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini