Beranda Olahraga Andika Optimistis APM Equestrian Centre Siap Gelar Cabang Berkuda Olimpiade 2032

Andika Optimistis APM Equestrian Centre Siap Gelar Cabang Berkuda Olimpiade 2032

Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy menyampaikan optimistis terkait kesiapan Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre menjadi venue cabang olahraga berkuda pada perhelatan Olimpiade 2032 - foto istimewa

SERANG – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy optimistis terkait kesiapan Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre menjadi venue cabang olahraga berkuda pada perhelatan Olimpiade 2032. Hal ini sejalan dengan tengah diajukannya Indonesia menjadi tuan rumah event kompetisi olahraga sedunia pada tahun 2032.

“Kami optimistis APM Equestrian Centre ini siap menjadi arena berkuda di Olimpiade 2032,” kata Wagub usai meninjau APM Equestrian Centre di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/7/2020).

Wagub didampingi Ketua National Olympic Comittee (NOC) Raja Oktohari dan Ketua Umum PP Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) Triwatty Marciano.

Menurut Wagub, optimismenya tersebut merujuk kepada semua fasilitas yang dimiliki APM Equestrian Centre yang sudah berstandar International sebagai arena olahraga berkuda.

“Sekarang ini luas seluruhnya mencapai 9 hektare, dan tadi saya dapat informasi bahwa masih akan dilakukan perluasan-perluasan dan peningkatan-peningkatan,” imbuhnya melalui siaran tertulis.

Lebih jauh Wagub berharap keberadaan APM Equestrian Centre di wilayah Provinsi Banten dapat mendorong terciptanya atlet-atlet berkuda yang berprestasi dari Provinsi Banten.

Pernyataan serupa disampaikan Ketua NOC, Raja Oktohari. Menurut Octo, keberadaan arena olahraga bertaraf internasional seperti APM Equestrian Centre untuk olahraga berkuda, maka mimpi bersama bangsa Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bukan sesuatu yang mustahil.

“Terlebih ini pemerintah dalam hal ini Pemprov Banten dimana arena ini berada, melalui Pak Wagub sudah menunjukkan dorongannya,” ujar Okto mengapresiasi Wagub.

Sementara itu Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano mengatakan, dengan hadirnya APM Equestrian Centre ini pihaknya akan mulai menggiatkan pembinaan prestasi olahraga berkuda dengan akan lebih sering menggelar pelatihan-pelatihan maupun perlombaan-perlombaan.

“Tentu saja sekarang ini kita masih akan terus menerapkan protokol kesehatan kaitannya dengan pandemi Covid 19,” katanya.

Untuk diketahui, APM Equestrian Centre merupakan milik Yayasan Pendidikan Adria Pratama Mulya yang menyediakan sekolah berkuda profesional pertama di Indonesia. APM Equestrian Centre pernah ditunjuk sebagai venue Asian Games mengingat kelengkapan fasilitasnya yang bertaraf internasional tersebut.

APM Equestrian Centre terletak di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, dan sudah teruji dengan berbagai event berkuda profesional yang sering digelar. Namun, pada Asian Games 2018 lalu arena ini bukan didaulat khusus venue equestrian, tetapi sebagai venue modern pentathlon.

Modern pentathlon merupakan gabungan dari lima olahraga sekaligus. Yaitu anggar, renang gaya bebas, berkuda palang rintang, menembak, dan lari lintas alam.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini