Beranda Kesehatan Anak Susah Minum Obat? Simak 6 Tips Jitu Membujuknya

Anak Susah Minum Obat? Simak 6 Tips Jitu Membujuknya

Ilustrasi - foto istimewa Jovee

SERANG – Umumnya anak menolak minum obat karena aromanya yang menyengat dan rasanya yang seringkali pahit. Padahal, obat merupakan hal penting dalam proses penyembuhan agar tubuh sehat kembali.

Pemberian obat pada anak dengan cara dipaksa bukanlah solusi. Lantaran hal tersebut bisa menimbulkan rasa trauma minum obat di kemudian hari. Atau si kecil yang tersedak sampai memuntahkan kembali obat tersebut.

Alhasil, pengobatannya pun justru menjadi tak efektif. Maka dari itu agar drama penolakan anak yang tidak mau minum obat, orangtua bisa membujuk dengan 6 tips berikut ini, seperti dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Obat dengan rasa yang disukai anak

Rasa obat yang disukai anak tentunya bisa membantu orangtua untuk memberikannya obat sehingga anak menjadi tidak takut.

Jika memungkinkan, orangtua bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan obat dengan rasa buah yang disukai si kecil.

2. Mencampurkannya dengan makanan favorit

Si kecil tentunya memiliki makanan favoritnya. Orangtua disini bisa dengan mencampurkan obat tersebut dengan makanan favoritnya. Tujuannya agar obat tidak terlalu terasa pahit.

Namun tetap harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter, agar efektivitas dari obat tidak hilang atau masih bekerja dengan sempurna meski sudah dicampur pada makanan.

3. Jangan berbohong

Hindari untuk berbohong pada anak dengan alasan agar si anak mau untuk minum obat. Seperti obat yang pahit tapi disebut manis. Lantaran bisa membuatnya semakin tidak mau untuk minum obat karena sudah tertipu.

4. Berikan penjelasan

Jelaskan pada anak bahwa obat yang akan diminumnya itu bisa membantunya untuk sembuh sehingga bisa kembali bermain dengan teman-temannya.

Berikan penjelasan dengan kalimat yang sederhana dan di waktu saat suasana tenang dan santai.

5. Biarkan anak memilih

Terkadang anak harus meminum beberapa jenis obat. Berangkat dari itu biarkan anak memilih obat mana dulu yang akan diminum, atau di mana ia ingin meminum obat tersebut.

Melalui cara ini bisa membantu untuk si kecil belajar mengatur sendiri cara terbaik untuk meminum obat agar cepat pulih.

6. Buat suasana yang menyenangkan

Perasaan yang baik tentu akan membantu untuk memudahkan anak mau minum obat. Oleh karena itu, buatlah suasana menjadi menyenangkan. Misalnya, sambil mengajak menonton acara kesukaannya, mendengarkan musik yang ia sukai atau membaca buku

Orangtua bisa menyenangkan suasana hatinya dengan memberikannya pujian dan hadiah ketika mau untuk minum obat. Tak melulu berbentuk barang, bisa juga berupa waktu tambahan seperti kelonggaran waktu untuk screen time.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ