Beranda Pilkada Serentak 2020 Anak Atut Melenggang ke Senayan, Anak WH Tertahan

Anak Atut Melenggang ke Senayan, Anak WH Tertahan

Rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Banten. (Foto : istimewa)

 

SERANG – Anak mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Andiara Aprilia Hikmat  yang mencalonkan diri sebagai DPD RI kembali lolos ke Senayan dari daerah pemilihan Banten. Andiara mendapatkan suara terbanyak dibandingkan kandidat lainnya. Hal ini sebagaimana dokumen DC1 hasil pleno KPU Banten yang selesai pada Senin (13/5/2019) dini hari kemarin.

Sementara Fadhlin Akbar, anak Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) yang juga mencalonkan diri sebagai DPD RI diprediksi tertahan untuk maju sebagai senator di Senaya . Perolahan suara Fadhlin tidak masuk empat besar jatah kursi DPD dari Banten.





Dari dokumen DC1 itu, Andiara mendapatkan suara total 1.187.788 suara. Ia dipastikan akan lolos kembali sebagai anggota DPD dari Banten. Pada periode 2014-2019, Andiara juga sebelumnya duduk di kursi senator.

Lolosnya Andiara meneruskan tradisi keluarga besar Atut Chosiyah yang selalu menempatkan anak-anaknya di kursi senator dari Banten. Sebelumnya, Andika Hazrumy juga duduk sebagai senator sebelum akhirnya saat ini menjadi Wakil Gubernur Banten mendampingi WH.

Dibandingkan dengan calon lain, suara Andiara jadi yang paling tertinggi. Kandidat kedua Habib Ali Alwi ada di posisi kedua perolehan suara terbanyak sebesar 547.962 suara.

Posisi suara terbanyak ketiga ada di calon DPD Abdi Sumaithi dengan perolehan 364.044 suara. Jika jatah kursi DPD RI dari Banten adalah 4 kursi, maka kursi terakhir akan ditempati oleh Tb Ali Ridho Azhari yang mendapatkan 349.450 suara.

Sementara Fadhlin Akbar hanya mengantongi  230.918 suara. (Ink/red)