Beranda Pariwisata Anak-anak Suku Baduy Demam Permainan Lato-lato

Anak-anak Suku Baduy Demam Permainan Lato-lato

Anak-anak Baduy Luar, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, kabupaten Lebak bermain lato-lato. (Ist)

LEBAK – Demam permainan lato-lato pada saat ini banyak di mainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak terkecuali anak-anak di Suku Baduy luar yang berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, saat ini banyak yang memainkan permainan tersebut.

Jama, salah seorang anak di Baduy luar mengatakan, jika dirinya sangat senang bisa bermain lato-lato.

“Resep maena, paling lila samenit. (Senang mainnya, paling lama bisa main satu menit),” kata Jama kepada awak media, Rabu (4/1/2022).

Ia menjelaskan, permainannya sangat menyenangkan. Namun untuk bisa memainkannya tidaklah gampang, butuh waktu beberapa hari untuk belajar memainkannya.

“Dua poe Karak bisa, kamari-kamari mah hese. Ayenamah ges bisa jeng bisa gaya naon wae (dua hari baru bisa, kemarin-kemarin susah, sekarang sudah bisa dan bisa gaya apa aja),” ujarnya.

Sementara itu, Vian anak Baduy lainnya mengatakan, jika dirinya bersama teman lainnya selalu membawa permainan lato-lato setiap ke kebun atau ke tempat lainnya.

“Urang mah kakarak bisa mainkenna, tapi seneng bisa main lato-lato (Saya baru bisa memainkannya, tapi senang bisa bermain lato-lato),” ucapnya. (San/Red)