Beranda Pendidikan AmbiSmart, Les Bimbingan Skripsi untuk Mahasiswa yang Kebingungan

AmbiSmart, Les Bimbingan Skripsi untuk Mahasiswa yang Kebingungan

Bladys saat memberikan bimbingan. (IST)

SERANG– Skripsi bukan  sekadar “momen puncak” seorang mahasiswa atau  lembaran kertas yang harus diselesaikan. Lebih dari itu, skripsi merupakan bagian integral dari perjalanan pendidikan yang membentuk karakter, kematangan, dan kemampuan seseorang untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Namun ternyata masih banyak mahasiswa yang kesulitan ketika masuk tahap pengerjaan skripsi.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Bladys Sultany Xyalam (22) mendirikan AmbiSmart-Jasa bimbingan skripsi bagi mahasiswa berbagai jurusan. AmbiSmart didirikan pada Maret 2023 silam, Bladys yang ketika itu baru lulus dari Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mulanya sering kali dimintai tolong oleh teman-temannya untuk membantu mengerjakan skripsi.

Salah seorang temannya kemudian meminta Bladys untuk membimbingnya mengerjakan skripsi secara private dan rutin. Dari situ keduanya membuat kesepakatan terkait jadwal serta metode bimbingan.

“Saya ingin lebih eksklusif membantu teman-teman mahasiswa terkait dengan pemahaman bahwa Skripsi/Karya Ilmiah itu mudah dengan berbagai metode yang saya terapkan kepada diri saya sebelumnya, dan terbukti berhasil,” kata Bladys.

AmbiSmart kemudian lahir dan telah membantu banyak mahasiswa khususnya di Untirta dalam pengerjaan skripsi. Kini AmbiSmart memiliki sekitar 40 pelanggan aktif, beberapa bahkan merupakan mahasiswa dari universitas luar Banten seperti Universitas Riau dan Universitas Diponegoro.

AmbiSmart juga mulai melebarkan sayap bisnisnya dengan target pasar selain mahasiswa. Saat ini tersedia program Ambis Prestasi yaitu bimbingan belajar bagi siswa PAUD sampai SMA. Program tersebut terdiri dari Baca, tulis, dan berhitung (Calistung), Baca Tulis Qur’an, les Semua Mata Pelajaran di sekolah, dan Konsultasi Persiapan Masuk Perguruan tinggi jalur SNBT atau UTBK-SNBT.

Mulanya, Bladys hanya seorang diri menjalankan AmbiSmart dengan merangkap berbagai peran, namun karena semakin berkembang usahanya ia pun kini dibantu 2 temannya dalam mengurus AmbiSmart.

Harga yang dipatok juga bervariatif, yaitu untuk Ambis Prestasi mulai dari Rp45-75 ribu per pertemuan dengan durasi 90 menit. Sedangkan Ambis Skripsi memiliki pilihan paket seperti Paket Newbie (Judul), Paket Ambis (Sempro) Paket Sepuh (Semhas & Sidang), Paket Anti Revisi (khusus pengecekan/revisi full bab), dan Paket Offline dengan range harga paket Rp50-400 ribu tergantung paket yang dipilih.

“AmbiSmart disesuaikan dan dikemas untuk generasi muda sehingga ramah dikantong alias murmer tapi eksklusif, waktu fleksibel, tidak terikat sistem, media yang digunakan menyesuaikan, dan sistem diskusi aktif antara tutor dan siswa. Lalu, yang paling penting, semua murid baik siswa maupun mahasiswa di treat dengan baik sehingga semua sama tidak ada perbedaan antara satu sama lain baik benefit dan cara perlakuan,” katanya.

Meskipun melayani semua mahasiswa dari berbagai jurusan, Bladys mengungkapkan pada dasarnya skripsi atau karya tulis ilmiah memilki sistematika serta metode yang universal, sehingga fokus awal dirinya memberikan bimbingan yaitu terkait sistematika dan metode yang biasa digunakan dalam skripsi.

“Terkait topik kita selalu diskusi, kita (AmbiSmart) tuh kalau di lomba bertindak sebagai juri. Kita analisis dulu, memastikan pengambilan data dan hal-hal lainnya. Jadi gue orientasi ke lapangan observation terus nanti dia (pelanggan) mau jadi apa penelitiannya,” ujar mahasiswa berprestasi Untirta di Wisuda ke-63 tersebut.

Bladys mengatakan lebih memilih membuka jasa bimbingan atau les daripada joki skripsi karena menilai pekerjaan sebagai joki bukanlah pekerjaan yang jujur. Ia lebih memilih menjadi pembimbing agar bisa berperan sebagai teman dari para AmbiSquad-julukan bagi pelanggan AmbiSmat.

“(Jika dibimbing) Jadi dia (AmbiSquad) pasti belajar at least yang mau gue highlight juga dia (AmbiSquad) akan belajar karena dibimbing dia akan meningkakan diri dia value dia sehingga nanti berguna untuk diri dia dan orang lain,” tuturnya.

Saat ditanya mengenai pendapatan dari AmbiSmart, Bladys enggan menjawab dengan nilai nominal, dirinya berujar keuntungannya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari serta pengembangan usaha AmbiSmart.

“Tidak dapat didefinisikan dengan rupiah angka per bulannya, alhamdulillah cukup untuk kehidupan masing-masing anggota yang kebetulan berperan sebagai sandwich generation alias untuk kebutuhan sehari-hari juga sedikit demi sedikit digunakan untuk pengembangan usaha di ranah marketing online & offline,” pungkasnya.

Bagi yang berminat mendaftar atau mencari informasi lebih rinci dapat melalui Instagram @ambismart_ lalu mengubungi contact person yang tertera atau melalui linktree yang tersedia di bio akun tersebut. Peminat juga dapat langsung mendaftar melalui https://ambismart.mystrikingly.com.

(Dra/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini