Beranda Kesehatan Aman Tidak Sih Air Minum Sisa Semalam Kita Konsumsi Lagi?

Aman Tidak Sih Air Minum Sisa Semalam Kita Konsumsi Lagi?

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Mungkin kita pernah menyisakan air di dalam gelas sebelum tidur, agar bisa diminum kembali setelah bangun. Apakah air yang dibiarkan semalaman aman untuk dikonsumsi kembali?

Dikutip dari detik.com, air yang dibiarkan di gelas terbuka tidak akan benar-benar bersih seperti kelihatannya. Debu, serpihan, bahkan bisa saja nyamuk yang lewat di atas gelas menjatuhkan sesuatu ke dalam air.

Tak hanya itu, botol minum yang tertutup rapat pun sebenarnya bukan wadah yang baik untuk menyimpan air, apabila kita sudah pernah meminumnya. Sebab leher botol yang sudah kontak dengan mulut membuat air menjadi terkontaminasi.

“Air liur kita mengandung banyak bakteri, demikian juga kulit bibir kita. Itu sebabnya sisa air yang dibiarkan berjam-jam sebenarnya sudah mengandung bakteri,” kata Dr Marc Leavey, seorang dokter layanan primer, dari Mercy Medical Center, Massachusetts.

Meski meminum air sisa di dalam gelas atau botol yang dibiarkan selama semalaman tak akan menyebabkan penyakit serius. Leavey menyarankan untuk tidak menyisakan air di botol minum terlalu lama, jika sudah pernah meminumnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini