Beranda Peristiwa Amalan Isra Miraj Sesuai Sunnah yang Perlu Dilakukan Umat Islam

Amalan Isra Miraj Sesuai Sunnah yang Perlu Dilakukan Umat Islam

Ilustrasi - foto istimewa Gramedia

SERANG – Isra Miraj rutin dirayakan umat Islam. Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW menuju langit ke tujuh untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT. Sehingga penting untuk dirayakan. Adakah amalan Isra Miraj yang bisa dikerjakan?

Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, peristiwa Isra Miraj ini terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian. Riwayat perjalanan nabi ke langit untuk menerima perintah shalat ini dikisahkan dalam Hadis Imam Muslim.

Umat muslim akan memperingati Isra Miraj 1444 Hijriah yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.

Bagi umat muslim, Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting. Peristiwa Isra Miraj adalah mukjizat besar yang hanya diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Ini karena, perjalanan malam tersebut sangat mustahil untuk dilaksanakan oleh manusia pada masa sekarang.

Pada malam 27 Rajab, Nabi Muhammad SAW diangkat oleh Allah SWT untuk Isra Miraj hingga Sidratul Muntaha untuk berjumpa secara langsung dengan sang pencipta.

Isra adalah perjalanan malam hari mulai dari Mekkah, Masjidil Haram, menuju Baitul Baqdis atau Masjidil Aqsa di Palestina. Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit sampai Sidratul Muntaha.

Ada beberapa amalan Isra Miraj sesuai sunnah yang perlu diamalkan. Apa sajakah amalan yang bisa dikerjakan selama Isra Miraj 2023?

Amalan Isra Miraj Sesuai Sunnah

Umat muslim dianjurkan untuk melakukan sejumlah amalan Isra Miraj sesuai sunnah. Berikut ini adalah beberapa amalan Isra Miraj, mengutip berbagai sumber:

1. Memperbanyak Istighfar

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan Istighfar, di mana di bulan ini, Allah SWT akan mengampuni sebanyak apapun dosa yang dilakukan umatnya. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar pada pagi dan juga sore hari.

2. Memperbanyak Shalat Sunnah

Selain melaksanakan shalat wajib, menjalankan ibadah shalat sunnah saat Isra Miraj sangat dianjurkan, karena akan mendatangkan pahala yang berlimpah untuk umat yang mau menjalankan kebiasaan Nabi Muhammad SAW.

3. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Selain shalat sunnah, amalan yang bisa dilakukan saat Isra Miraj adalah membaca Al-Quran. Al-Quran akan membuat siapa saja yang membacanya lebih menenangkan hati dan pikiran.

Tidak hanya itu saja, membaca Al-Quran juga akan mengingatkan umat manusia dengan peristiwa Isra Miraj, karena peristiwa Isra Miraj dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 1.

4. Bersholawat

Amalan Isra Miraj sesuai sunnah yang bisa dilakukan saat Isra Miraj lainnya adalah membaca sholawat Nabi. Momen Isra Miraj dapat dimanfaatkan umat muslim untuk memperbanyak membaca shalawat, di mana dengan banyak bersholawat kita akan mendoakan Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan juga sahabat-sahabatnya. Sehingga doa-doa baik tersebut juga akan kembali pada kita.

Itulah informasi mengenai amalan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang perlu dilakukan oleh umat muslim.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini