Beranda Kesehatan Alhamdulillah, ASN Untirta Sembuh dari Covid-19

Alhamdulillah, ASN Untirta Sembuh dari Covid-19

349
0
Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

SERANG – Salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berinisial AT telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sebelumnya, AT terkonfirmasi positif terpapar Covid -19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) sejak Mei lalu. Ia dinyatakan sehat dan telah kembali ke rumah setelah menjalani karantina di RSUD Banten selama 35 hari.

Di hari ketiga puluh enam, AT test swab untuk kedua kalinya, hasilnya negatif dan berdasarkan hasil tersebut AT diperbolehkan pulang dan dinyatakan sembuh oleh Dokter RSUD Banten. Kini AT sedang menjalani karantina di rumah pascaperawatan dari RSUD Banten.

AT menceritakan awal mula masuk RSUD Banten sejak tanggal 19 Mei 2020. Sebelumnya, selama 14 hari AT melakukan karantina mandiri di rumah, namun tetap dinyatakan positif setelah menjalani tes swab dari Dinkes Kota Serang.

Kemudian AT dirujuk oleh Dinkes Kota Serang ke RSUD Banten dan mendapat pertolongan pertama di ruang IGD lalu ditempatkan di ruang khusus pasien isolasi Covid-19.

Karena AT statusnya OTG Covid-19 maka penempatannya berada di lantai 2 gedung baru RSUD Banten. Selama perawatan, AT diberikan cairan infus di minggu awal dan diberikan antivirus serta vitamin C 1000 dua kali sehari.

Setelah menjalani perawatan selama 14 hari tersebut, di hari ke 15 dan 16 AT melakukan tes swab dan hasilnya masih positif, oleh karena itu AT harus kembali bersabar karena perlu perawatan lanjutan hingga 7 hari ke depan.

Hal ini yang membuat AT harus berlebaran di RSUD dan tidak dapat berkumpul bersama keluarga tercinta karena harus menjalani perawatan.

Hingga pada hari ke 21 dan 22, AT mengungkapkan bahwa ia kembali melakukan test swab namun karena ada beberapa kendala teknis, AT harus kembali bersabar untuk tes swab di RSUD Banten sehingga hasilnya harus dikirim ke Labkesda Provinsi Banten dan menunggu hasil hingga 14 hari.

Pada akhir cerita AT tak berhenti bersyukur seiring hasil terakhir oleh dokter dinyatakan negatif dan sembuh. “Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dan Allah berkendak,” ujar AT melalui siaran tertulis, Senin (28/6/2020).

Setelah mendengar kabar kepulangan AT, Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengungkapkan kebahagiaan setelah mendengar kabar itu. Rektor berharap AT benar-benar total sembuh dan dapat memanfaatkan waktu dengan baik untuk memulihkan dan mengontrol kesehatan sebelum kembali berutinitas di kantor.

Ketua Gugus Covid-19 Untirta Kurnia Nugraha turut berbahagia mendengar kabar baik itu. Kurnia juga menyarankan agar AT benar-benar pulih dari Covid-19 sebelum memulai aktivitas.

“Tapi dipastikan harus sudah benar-benar sembuh dan aman karena pihak kampus memberikan keleluasan bagi AT untuk bekerja dari rumah,” ujarnya.

(You/Red)