Beranda Peristiwa Alas Bambu Jembatan Gantung Patah, 6 Orang Warga Lebak Jatuh ke Sungai

Alas Bambu Jembatan Gantung Patah, 6 Orang Warga Lebak Jatuh ke Sungai

Ilustrasi - foto istimewa KlikDokter.com

LEBAK – Jembatan gantung yang terbuat dari bambu yang berlokasi di Kampung Sigeung, Desa Tamansari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, patah.

Jembatan yang menghubungkan antara Desa Tamansari dengan Desa Lewiipuh tiba-tiba patah, hingga menyebabkan 6 orang warga yang sedang melintas jembatan gantung tersebut tercebur ke sungai.

Informasi didapat, bermula saat warga yang hendak beraktivitas ke kebun melintasi jembatan gantung itu tiba-tiba patah. Kondisi bambu rapuh dan tali sling yang sudah berkarat.

Epi Sumiadi, Ketua BPD Desa Tamansari, Kecamatan Banjarsari, mengatakan kejadian patahnya bambu di jembatan tersebut terjadi pada Selasa 22 Maret 2022, sekira pukul 11.45 WIB.

“Dalam kejadian tersebut sedikitnya ada 6 orang ibu-ibu yang sedang melintas jembatan tercebur kedalam Sungai,” kata Epi saat dihubungi BantenNews.co.id, Selasa (22/3/2022).

Ia menjelaskan, bahwa jembatan tersebut dulunya adalah perlintasan kereta api yang sudah lama tidak terpakai. Sehingga, oleh warga sekitar dipakai untuk menyeberang dengan menambahkan bambu sebagai alas jembatan.

“Karena bambu yang sudah usang dan tali sling pengikatnya yang sudah berkarat yang diduga jembatan gantung tersebut mengalami patah,” ucapnya.

Ia menambahkan, jembatan gantung tersebut adalah akses bagi warga Desa Tamansari maupun warga Desa Leuwiipuh untuk beraktivitas ke kebun.

“Alhamdulilah dalam kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa, karena warga yang terjatuh dapat ditolong oleh warga sekitar,” ujarnya.

Kondisi jembatan di Lbek yang patah.

Sementara itu Camat Banjarsari, Asep Raedi membenarkan kejadian patahnya bambu di jembatan gantung yang berada di atas Sungai Ciliman tersebut.

“Benar, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, keenam korban hanya mengalami luka-luka ringan saja,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD untuk melaporkan kejadian patahnya jembatan gantung tersebut.

“Saat ini relawan BPBD Kecamatan Banjarsari yang didampingi Pol PP, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas sudah meninjau ke lokasi dan akan langsung dibuatkan laporannya yang nantinya akan disampaikan kepada Bupati lewat BPBD Lebak,” katanya.

(Tra/San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ