Beranda Peristiwa Aktivis Lingkungan Kawal Kasus TPA Cipeucang

Aktivis Lingkungan Kawal Kasus TPA Cipeucang

Aktivis Yapelh dan Banksasuci menyoroti persoalan TPA Cipeucang

SERANG – Hampir tiga pekan sudah tragedi Longsornya TPA Cipeucang, Kota Tangerang Selatan berlalu, namun nampaknya sejumlah aktivis menganggap lamban pihak terkait dalam penanganan kasus tersebut.

Seperti yang disuarakan oleh Aktivis Yapelh dan Banksasuci yang sudah lama menyoroti persoalan TPA Cipeucang, menganggap proses recovery dan proses hukumnya belum menunjukan progres.

“Clean Up Cisadane mestinya sudah tuntas, ini sangat lamban, sampai sekarang masih berkutat pada sampah di permukaan, belum lagi sampah yang di dasar sungai, dampaknya ya kita yang dihilir,” Tegas Ketua Banksasuci, Ade Yunus, Senin (15/6/2020).

Ade mengapresiasi upaya Pemkot Tangsel dan Kontrator Sheet Pile dalam upaya recovery, namun dirinya masih menganggap upaya yang dilakukan masih lamban.

“Semuanya kan diluar target, katanya sepekan juga selesai, sampai sekarang kita masih saja nerima timbunan sampah dari bekas longsoran TPA Cipeucang, bilang lagi hari ini selesai, besok kita akan turun kembali cek lapangan,” tambahnya.

Adapun terkait masalah proses hukum, Ade mengatakan pihaknya menghormati proses hukum yang sedang berlangsung, namun seraya pihaknya terus melakukan monitor perkembangan kasus.

“Kita sudah serahkan dan percayakan kepada aparat penegak hukum, sepenuhnya kita hormati proses hukum yang sedang berlangsung, seraya kita kawal bersama,” terangnya.

Pihaknya meminta proses dan progres hukum dapat disampaikan secara transparan dan akuntabel, dapat menguak pihak-pihak yang harus bertanggung jawab.

“Kita harap proses hukum berlangsung hingga tuntas, baik dalam hal dugaan Pelanggaran UU Nomor 32/2009, UU Nomor 18/2008, UU Nomor 2/2017 serta UU Nomor 31/1999,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ