Beranda Peristiwa Akibat Luapan Sungai Ciujung, Jalan di Desa Parakan Besi Lebak Longsor

Akibat Luapan Sungai Ciujung, Jalan di Desa Parakan Besi Lebak Longsor

LEBAK – Akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Lebak, membuat aliran di Sungai Ciujung meluap. Akibatnya longsor terjadi di Kampung Parakan Besi, Desa Parakan Besi, Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (16/8/2022).

Sekretaris Desa Parakan Besi, Rudi Hartono mengatakan, jika longsor terjadi pada Selasa 16 Agustus 2022 sekira pukul 03.00 WIB.

“Luapan air di Sungai Ciujung terjadi setelah hujan dan mengakibatkan jalan longsor sedalam 5 meter,” kata Rudi saat dihubungi, Rabu (17/8/2022).

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya pihak desa sudah menahan jalan yang berbatasan langsung dengan Sungai Ciujung menggunakan bronjong batu. Namun, penahan itu rusak setelah diterjang luapan sungai.

“Kejadian longsor sudah beberapa kali, Jalan Desa Parakan Besi merupakan akses penting bagi warga yang hendak bekerja dan anak-anak sekolah,” ujarnya.

Rudi menambahkan, karena jalan tersebut longsor dan membahayakan warga yang melintasnya, saat ini akses warga dialihkan ke jalur alternatif yang sudah disediakan.

“Kalau untuk sepeda motor dan pejalan kaki mungkin masih bisa lewat, tapi untuk mobil mungkin harus memutar jalan,” ucapnya.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ