Beranda Bisnis Akibat Banjir dan Longsor Harga BBM di Lebak Melonjak Rp16.500 Per Liter

Akibat Banjir dan Longsor Harga BBM di Lebak Melonjak Rp16.500 Per Liter

Ilustrasi - foto istimewa eksplorasi.com

LEBAK – Musibah banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Lebaksitu, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak membuat harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

Misalnya saja, untuk harga Pertalite, penjual membandrolnya dengan harga Rp 16.500 per liter.

“Kami terpaksa jual dengan harga Rp 16.500 karena akses ke desa ini terputus akibat tanah longsor sehingga pasokan minyak sulit didapatkan,” kata Ajat (33) salah seorang pemilik pertamini di Desa Lebaksitu, Senin (13/1/2020).

Ia mengatakan sebelum bencana alam melanda daerah itu, harga jual BBM jenis pertalite hanya Rp 10 ribu per liter. Namun, kenaikan signifikan terjadi pada Jumat (3/1/2020).

BBM jenis pertalite tersebut dipesan Ajat menggunakan jasa ojek ke salah seorang agen di Desa Lebakgedong dengan harga beli Rp 11.000 per liter. Minyak tersebut diantarkan hingga titik terakhir jalan utama menuju Desa Lebaksitu yang terputus.

Dari titik itu, Ajat kembali harus mengeluarkan ongkos atau jasa tukang pikul sebesar Rp 65 ribu per jeriken isi 35 liter. BBM tersebut diangkut oleh warga setempat dengan berjalan kaki sekitar dua hingga tiga kilometer ke warungnya.

Pascatanah longsor tersebut, ia mampu menjual hingga 50 liter BBM jenis pertalite. Penjualan itu naik 15 liter dari situasi normal biasanya. Tingginya permintaan dikarenakan warga setempat saat ini mengandalkan pertalite sebagai bahan bakar mesin genset.

“Sejak hari pertama kejadian aliran listrik sudah terputus sehingga warga sekitar menggunakan mesin genset untuk penerangan,” katanya seperti dikutip dari suara.com.

Selain BBM jenis pertalite, harga jual elpiji tiga kilogram di Desa Lebaksitu juga mengalami kenaikan signifikan yakni mencapai Rp 70 ribu dari Rp 25 ribu harga biasanya.

“Kebetulan saya tidak jual elpiji, tapi kalau beli di warung harganya Rp 70 ribu per tabung,” ujarnya.

Sementara itu kepala desa setempat Tubagus Imron mengatakan pascatanah longsor dan banjir bandang berbagai harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan signifikan.

“Harga otomatis naik. Hal itu dikarenakan akses ke desa ini terputus sehingga ada biaya lebih yang harus dikeluarkan pedagang setempat,” kata dia.

Ia berharap pemerintah pusat dan daerah segera membantu menangani bencana di daerah itu terutama akses jalan utama yang masih terputus akibat tanah longsor.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini