Beranda Pemerintahan Akhir Tahun, Pemkot Serang Baru Input Pengadaan Lelang Tahun 2022

Akhir Tahun, Pemkot Serang Baru Input Pengadaan Lelang Tahun 2022

Ilustrasi - foto istimewa jurnal.id

SERANG – Pemkot Serang menargetkan akan mulai melakukan proses input data pengadaan serta lelang tahun 2022 di akhir tahun ini. Hal itu lantaran Rancangan APBD Kota Serang tahun 2022 telah selesai dievaluasi dan siap disahkan dalam waktu dekat ini.

Kepala BPKAD Kota Serang, Wachyu B. Kristiawan mengatakan bahwa untuk APBD tahun 2022, Pemkot Serang merupakan kota yang pertama mengajukan evaluasi dan menjadi kota yang pertama pula Rancangan APBD tahun 2022 selesai dievaluasi.

“Besok akan kami bahas lagi bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Serang. Jadi selesai tuh prosesnya, tinggal nanti disahkan saja,” ujarnya, Kamis (9/12/2021).

Menurutnya, kemungkinan APBD tahun 2022 dapat segera disahkan pada pekan depan setelah rapat bersama Banggar selesai dilaksanakan. Jika sudah disahkan, maka berbagai proses penggunaan APBD tahun 2022 pun sudah bisa dilakukan pada akhir tahun ini.

“Jadi sudah bisa dimasukkan itu ke dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP), bisa dilakukan lelang di bulan Desember. Iya (sudah dikebut),” ucapnya.

Wachyu mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi provinsi, Rancangan APBD Kota Serang tahun 2022 hanya diminta untuk memasukkan anggaran pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDa) tingkat Provinsi Banten.

“Kan nanti mau ada POPDa, kemarin pak Wakil Ketua DPRD nanyain, ini jadi tidak. Kalau jadi, ya kita anggarkan. Tapi Pemprov serius tidak. Nah ternyata Pemprov mengatakan sudah menganggarkan, jadi kami juga diminta untuk dianggarkan. Karena Kota Serang tuan rumah,” ucapnya.

Selain itu, Pemprov Banten pun meminta agar Pemkot Serang merubah beberapa hal pada Rancangan APBD tahun 2022. Namun diakui Wachyu, perubahan tersebut tidak terlalu prinsip, hanya menyesuaikan beberapa hal saja.

“Ada beberapa hal perbaikan-perbaikan, yang tidak terlalu prinsip. Jadi tidak terlalu berubah pada Rancangan APBD yang telah disusun. Seperti penyesuaian terhadap SPM, itu yang harus diperbaiki,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota Serang, Syafrudin, mengatakan bahwa APBD tahun 2022 tetap akan difokuskan pada penyelesaian RPJMD. Salah satunya yaitu revitalisasi Masjid Ats-Tsauroh menjadi masjid agung Kota Serang.

“Ini harusnya dilakukan tahun 2021. Namun ternyata penyerahan asetnya lambat, jadinya dimulai 2022. Itu dilakukan multi-years, selesai pembangunan pada tahun 2023 setelahnya,” ucapnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini